Bupati Karna Akan Kembangkan Tanaman Vanili, Gaet Pengusaha Asal Amerika

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat dikonfirmasi sejumlah wartawan. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menggelar video conference (Vidcon) dengan pengusaha asal Amerika Serikat, Rabu (9/6/2021) malam. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka penjajakan mengembangkan tanaman vanili di Kota Santri.

“Semalam kami sudah melakukan telekonferensi. Tetapi ini masih dalam penjajakan ya, apakah vanili ini cocok ditanam di daerah pegunungan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, kedua belah pihak (Pemkab Situbondo dan Pengusaha asal Amerika Serikat,red) akan melakukan pemetaan wilayah. Untuk mengetahui cocok atau tidaknya tekstur tanah di pegunungan Situbondo ditanami vanili.

“Insyaallah kita akan petakan lokasinya dulu, kondisi tanahnya cocok atau tidak. Sejauh ini ada beberapa yang kita anggap potensi yaitu, Kayumas, Sumbermalang dan Tepos ,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, jika sudah dapat dipastikan tanah di tiga wilayah tersebut cocok untuk ditanami vanili. Maka Pemkab Situbondo segera melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Sebenarnya sudah ada beberapa warga di Kayumas yang menanam. Namun kita tetap survei lapangan dulu, kalau cocok secepatnya kami menjalin kerja sama dengan beberapa pihak. Yaitu, ada pengusaha Amerika Serikat tersebut sebagai pembimbing sekaligus pembeli dan penyedia bibit. Untuk permodalan kita libatkan Bank Indonesia,” pungkasnya. (*/Bet)

Pos terkait