Bupati Karna Berharap Keberadaan Pujasera Kalimas Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat mengunjungi salah satu stand Pujasera Desa Kalimas. (Ch/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Desa Kalimas Kecamatan Besuki membentuk jajanan serba ada (Pujasera).

Keberadaan Pujasera ini mendapat apresiasi dari Bupati Situbondo, Karna Suswandi.

Ia datang langsung dalam launching Pujasera tersebut, Rabu (7/4/2021).

beritalima.com

Dalam sambutannya, Bung Karna mengatakan keberadaan Pujasera ini dinilainya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kondisi saya sebenarnya kurang sehat, tapi saya paksakan datang ke sini untuk melihat geliat ekonomi yang ada di Pujasera ini,” ujarnya.

beritalima.com

Ia mendukung keberadaan pujasera ini, karena itu pihaknya akan membantu permodalan bagi kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Terlebih di bulan Ramadhan pihaknya akan menandatangani MoU dengan PT Amartha serta Bank Jatim. Untuk memberikan pelatihan dan pendampingan serta memberikan kredit kepada usaha masyarakat di desa.

“Sehingga, masyarakat tidak lagi cemas memikirkan modal usahanya,” katanya.

Ia berharap keberadaan pujasera ini bisa turut andil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Kalimas.

“Ekonomi kita minus sekitar 2 dampak dari pandemi Covid-19. Dengan adanya BUMdes ini saya optimis bisa meningkatkan daya beli masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Kalimas, Samuri mengungkapkan, berdirinya Pujasera berawal dari aspirasi masyarakat Desa Kayumas.

“Ini merupakan inisiatif warga. Jadi kami selaku pemerintah desa berusaha untuk merealisasikan masukan tersebut,” paparnya.

Samuri menjelaskan, awal mula lokasi berdirinya Pujasera dulunya merupakan pasar hewan yang kumuh. “Tempat ini dulunya sangat kotor. Setelah itu kami berkordinasi dengan camat dan dinas peternakan untuk mengfungsikannya sebagai tempat penggerak ekonomi warga,” tutupnya. (*/Roi/Ch)

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait