Bupati Karna Cek Pertumbuhan Tanaman Padi BK 900 di Sumberkolak

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat mengecek pertumbuhan padi BK 900. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi memantau langsung pertumbuhan tanaman padi BK 900, Jumat (8/10/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di lahan sawah di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan.

Menurut pria yang akrab disapa Bung Karna ini progres tanaman padi tersebut sangat memuaskan. Karena dalam satu malainya mampu menghasilkan hingga 900 bulir padi. “Laporan dari kelompok tani, meskipun sempat kekurangan air, namun mereka optimis bisa menghasilkan dua hingga tiga kali lipat dari bibit padi biasa,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, pemerintah daerah akan memadukan bibit padi BK 700 dan BK 900. Sehingga nantinya akan diperoleh bibit padi varietas unggul yang diberi nama bibit padi BK Situbondo. “Total luas lahan 18 Hektar. Dimana untuk BK 900 16 Hektar dan BK 700 2 Hektar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUTR Kabupaten Lumajang ini menerangkan, usia tanaman padi BK 900 berkisar 69 hari. “Alhamdulillah sudah ada bulir yang menguning. Insyaallah beberapa hari lagi sudah bisa dipanen,”. tungkasnya.

Pihaknya menegaskan dalam waktu dekat, Pemkab Situbondo akan mendaftarkan bibit padi BK Situbondo ke Kementerian Pertanian RI. “Kita padukan dulu bibit padi BK 900 dan BK 700. Setelah panen perdana baru kita patenkan,” terangnya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengatakan, untuk perawatan bibit padi BK 900. Akar bibit unggul itu harus tertancap lebih dalam dari pada bibit padi biasa. “Jadi dalam membajak sawah harus lebih dalam. Yaitu sekitar 40 Centimeter. Tujuannya agar akar dapat tertancap kokoh,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Kadis Kominfo dan Persandian, Dadang Bintoro. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait