Bupati Karna Minta Masyarakat Taat Bayar Pajak Demi Kemajuan Pembangunan Situbondo

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo Karna Suswandi, meminta masyarakat taat membayar pajak. Hal tersebut guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Santri.

“Saya minta kepada bapak-ibu untuk meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak. Mengingat PAD kita masih renda, dibandingkan dengan kabupaten tetangga,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam safari ramadhan, Senin (19/4/2021).

Bung Karna mengatakan, pajak yang dibayarkan masyarakat nantinya akan kembali ke masyarakat. Yakni dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

“Uang bapak-ibu yang dibayarkan untuk pajak tidak hilang. Tetapi akan dikelola oleh pemerintah dalam bentuk program yang pro rakyat,” ucapnya.

Ia menuturkan bahwa saat ini tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar pajak sangat rendah. Terlihat dari masih banyaknya pemerintah desa (Pemdes) yang belum menyetor uang pajak ke kas daerah.

“Saya lihat masih banya yang belum lunas. Seperti di Kecamatan Banyuglugur itu ada tujuh desa namun yang lunas baru dua desa. Untuk itu saya meminta kepada perangkat desa untuk lebih aktif dalam menarik uang pajak dari masyarakat,” tegasnya.

Bung Karna pun mengingatkan agar calon kepala desa (Kades) untuk tidak membuat janji kampanye dengan menggratiskan pajak. Khusunya pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Saya ingin ada peraturan daerah yang membatalkan pencalon kades yang menggratiskan pajak dalam visi-misinya,” paparnya.(*/Roi/Ch)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait