Bupati Karna Optimistis inovasi Pelayanan Plaza Situbondo serta Padi BK 01 dan 02 Agritan Juara

  • Whatsapp
Tim penilaian Agritan didampingi Bupati Situbondo Karna suswandi saat turun kelapangan. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Tim Penilai Validasi Lapangan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023 mengunjungi Kabupaten Situbondo, Rabu (11/10/2023). Mereka terdiri dari tiga orang. Yakni Nur Hadi Susanto, Nurhadi, dan Gunawan Silalahi.

Tim Penilai Validasi Lapangan IGA Tahun 2023 kemudian mengunjungi dua inovasi Pemkab Situbondo. Yakni Pelayanan Plaza Situbondo di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan dan Lahan Padi BK 01 dan 02 Agritan di Kampung Blikeran, Desa Wringinanom, Kecamatan Panarukan.

Bacaan Lainnya

Usai mengunjungi dua lokasi tersebut, salah satu Tim Penilai Validasi Lapangan IGA Tahun 2023, Nur Hadi Susanto memuji inovasi Padi BK 01 dan 02 Agritan. “Saya wawancara tadi dengan petaninya, mereka mengaku mendapat manfaat dari menanam Padi BK ini. Saya lihat tadi (lahan Padi BK -red) cukup bagus dan real dilaksanakan di lapangan,” ujarnya.

Nur Hadi melanjutkan, Pemkab Situbondo berkomitmen untuk mengembangkan Padi BK 01 dan 02 Agritan. “Dan yang dipikirkan pemerintah daerah kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Lebih lanjut, Nur Hadi mengungkapkan, ada beberapa indikator penilaian IGA. Mulai dari inovasi baru hingga kebermanfaatan. “Dan yang paling penting apakah inovasi ini menginspirasi unit kerja yang lain. Menginspirasi warga serta pihak-pihak di luar pemerintah atau bahkan pemerintah daerah yang lain,” tegasnya.

Nur Hadi menilai, dari tahapan IGA Tahun 2023 ini Pemkab Situbondo telah menjalankan inovasinya dengan sungguh-sungguh.

“Nah tugas kami memvalidasi lapangan. Apakah yang disampaikan pada dokumen, yang dipresentasikan itu apa sesuai dengan kondisi di lapangan,” tuturnya.

Tahapan berikutnya, kata Nur Hadi, tim akan menyerahkan hasil Penilai Validasi Lapangan IGA Tahun 2023 kepada Kemendagri. “Setelah itu, akan ada beberapa kali sidang dan akan diumumkan inovasi ini masuk katagori apa. Karena memang harus bersaing dengan daerah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi optimistis inovasi Pelayanan Plaza Situbondo serta Padi BK 01 dan 02 Agritan bakal meraih juara dalam ajang IGA Tahun 2023. “Kepada tim penilai validasi lapangan, kami tidak minta nilai banyak-banyak. Cukup nilai satu saja, yang terbaik,” ucap pria yang akrab disapa Bung Karna ini. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait