Bupati Karna Serahkan Secara Simbolis 6 Kendaraan Roda Tiga untuk Pondok Pesantren

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menyerahkan bantuan Kendaraan Roda Tiga secara simbolis kepada penerima. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menyerahkan bantuan enam kendaraan roda tiga untuk Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kota Santri, Kamis (26/8/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan, tujuan penyerahan bantuan kendaraan roda tiga itu, untuk membantu Ponpes dalam mengelola sampah yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan tersebut.

“Semoga bisa bermanfaat untuk dalam pengelolaan sampah. Sehingga bisa lingkungan pesantren bisa terjaga kebersihannya,” ucapnya.

Mantan Kadis Pengairan Kabupaten Bondowoso ini mengatakan, enam lembaga tersebut yaitu, MI Fathus Salafi, Desa Tanjung Rejo, Ponpes Nurul Hikam, Desa Kesambirampak, Rayon Iksas, Ponpes Zainul Ihsan, Desa Paowan, Majelis Taklim Badrul Islam, Kelurahan Patokan dan Ponpes Tahsinul Akhlaq, Desa Kalibagor.

“Selain itu, kita juga memberikan bantuan 1 unit mesin pencacah sampah organik untuk bank sampah “apa adanya” di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Mangaran,” tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, untuk Ponpes dengan jumlah santri 100 orang, produksi sampah rata-rata dalam sehari dalam sehari bisa sampai 23 Kilogram.

“Apalagi Ponpes yang besar. Untuk itu, dalam penanganan ini (sampah rumah tangga -red) pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendirian,” paparnya.

Bung Karna berharap, dengan bantuan tersebut, Ponpes bisa mengelola sampah rumah tangga secara kreatif.

“Nantinya bisa dipilah-pilah, yang plastik itu bisa dijual. Tentunya dengan begitu bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi lembaga,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, Bung Karna juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada pemulung dan masyarakat sekitar.

“Jumlahnya 100 paket. Semoga bermanfaat bagi keluarganya, khususnya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Ketua TP-PKK Situbondo, Hj Juma’ati Karna Suswandi, Kepala DLH, Kholil dan Forkopimcam Kapongan. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait