Bupati Lampura Diwakili Asisten lll Membuka MUSRENBANG Dalam Rangka Menyusun RKPD Untuk THN 2023

  • Whatsapp

Lampung Utara Beritalima.com
Bupati Lampung UtaraDiwakili Asisten III bidang Administrasi Umum, H. Sofyan, S.P., M.M. membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Utara untuk Tahun Anggaran 2023. Kegiatan berlangsung di Ruang Tapis, Setdakab Lampung Utara, Jumat (25/03/2022).

Hadir juga, Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Saiful Darmawan, S.H.,M.M., Ketua dan Anggota DPRD serta jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, jajaran Kepala Perangkat Daerah, dan diikuti Camat se-Kabupaten Lampung Utara secara Virtual melalui zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa sebagai bagian dari daerah Provinsi Lampung, tentunya memerlukan dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Provinsi untuk mengeksplor seluruh potensi daerah, baik di sektor sumber daya alam, perdagangan, pariswisata, teknologi, maupun potensi sumber daya manusia, dalam rangka menyelaraskan berbagai program pembangunan daerah.

Untuk itu, agar kegiatan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien dan mempunyai sasaran yang jelas, diperlukan perencanaan pembangunan daerah yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif terhadap aspirasi dan perubahan zaman, yang melibatkan tiga komponen pelaku pembangunan, yaitu Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, atau yang sering disebut sebagai Pemangku Kepentingan.

Perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Karena itulah, untuk sampai pada Musrenbang RKPD Kabupaten ini, tentunya telah melalui tahapan perencanaan yang cukup panjang, dimulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum Konsultasi Publik, Forum Gabungan SKPD, yang telah dilaksanakan sebelumnya,” ungkap Bupati.

Melalui Musrenbang ini yang merupakan forum integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar pelaku pembangunan, Bupati berharap dapat tersusun RKPD Tahun Anggaran 2023, dimana didalamnya juga akan tersusun Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan, Rencana Kerja, maupun Rencana Pembiayaannya, termasuk rencana kegiatan atau program yang akan dilaksanakan.

Untuk itu, melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diharapkan juga menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders dalam menetapkan program kegiatan, serta membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan, sehingga menghasilkan RKPD Kabupaten Lampung Utara untuk tahun 2023, yang merupakan tahun keempat dalam rangka pencapaian Visi dan Misi RPJMD tahun 2019-2024.

“Dimana di tahun 2021 mengalami perubahan yang cukup mendasar terutama diakibatkan Pandemi covid-19 yang dampaknya masih sama-sama kita rasakan sampai saat ini. Mudah-mudahan, melalui momentum kebersamaan yang baik ini, dapat semakin meneguhkan komitmen kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Lampung Utara yang senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera,” tutup Bupati. (Salman)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait