Bupati Salwa Tinjau Pelaksanaan Tes PPPK Bondowoso

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat wartawan. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, Beritalima.com – Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, memantau langsung pelaksanaan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, Kamis (16/9/2021) di tiga lokasi.

Pelaksanaan tes PPPK guru di Bondowoso dilaksanakan di SMK 1 sebanyak empat kelas, SMK 3 tiga kelas dan SMAN 2 (SMADA) sebanyak tiga kelas. Masing-masing kelas terdapat 25 peserta.

Informasi dihimpun, total ada ada 2042 pendaftar PPPK guru. Dari jumlah itu ada total 2032 yang memenuhi syarat atau dinyatakan lolos administrasi.

Adapun peserta yang mengikuti tes gelombang 1-3 sebanyak 1978 orang dan 54 mengundurkan diri. Serta 10 orang ikut tahap II Bukan Oktober.

“Sengaja digelar di tiga sekolah karena pandemi Covid-19 tidak boleh ada penumpukan. Kalau dijadikan satu tempat dikhawatirkan berkerumun,” kata Bupati Salwa Arifin.

Menurutnya, jumlah kuota PPPK guru untuk Kabupaten Bondowoso sebanyak 1918. “Itu sudah kuotanya. Semoga para peserta ini lulus sesuai kuota,” harapnya.

Sementara untuk sebaran guru di Bondowoso. Bupati memastikan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) dan Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) melakukan pemetaan akan ditentukan.

“Kalau sekarang belum dipetakan. Memang begitu pemetaannya. Harus memerhatikan daerah pinggiran,” jelasnya.

Kepala BKD Bondowoso, M Asnawi Sabil mengatakan, panitia tes PPPK guru dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. “Kita di daerah hanya membantu,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya tes PPPK bisa memenuhi kebutuhan guru dan sebarannya bisa merata di semua daerah yang membutuhkan guru.

“Ke depan kita akan berkordinasi dengan Dikbud bagaimana mapping sebaran guru di Bondowoso,” paparnya.

Menurutnya, akan ada standar kompetensi dan kualifikasi guru pada pemerataan guru. Serta tidak ada lagi daerah yang dipaksakan gurunya terbatas dan kualifikasinya minus.

Pihaknya mengupayakan sebaran guru di Bondowoso imbang antara di kota dan wilayah pinggiran.

Sementara untuk kebutuhan guru merata di setiap mapel (mata pelajaran). “Jadi memang ada guru SD, SMP, SMA dan SMK,” imbuhnya.

Sementara kebutuhan menyesuaikan data Dapodik. Selain itu selalu ada guru yang pensiun.

“Ke depan akan kita update terus karena bagaimanapun banyak yang menjelang purna bakti,” jelas Sabil.

Tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Bondowoso digelar sejak Senin 13 September hingga Jumat (17/9/2021). Untuk Jumat besok khusus peserta disabilitas. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait