Bupati Sorsel Saksikan Open Turnamen Sepak Bola Distrik Kokoda Cup

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Distrik Kokoda yang ke 15 Tahun panitia HUT Distrik Kokoda menggelar Open Turnamen Sepak Bola Distrik Kokoda Cup.

Open Turnamen sepak bola yang diikuti oleh 43 Club Sepak Bola yang ada di wilayah Imekko dan wilayah perbatasan kabupaten Bintuni disambut antusias warga Imekko dan warga sekitar Distrik Kokoda.
Tidak luput dari perhatian Pemerintah Daerah Sorong Selatan,Bupati Samsudin Anggiluli,SE ,Muspida dan sejumlah Pimpinan OPD menyempatkan diri menyaksikan salah satu pertandingan sepak bola antara kesebelasan Daubag Vs Kaburo.

Pertandingan yang menegangkan berlangsung seru dan seimbang, disaksikan ribuan warga Kokoda,Sampai akhir pertandingan dua kesebelasan ini hanya menghasilkan Score 0 – 0. Kompetisi yang berlansung dengan sistem gugur ini memaksa wasit bersama tim juri untuk melanjutkan pertandingan Extra Time 2 x 15 menit dan score berakhir tetap 0 – 0. Dengan kondisi yang ada Tim juri akhirnya menetapkan adu pinalti untuk menentukan kemenangan dalam pertandingan ini.

Setelah menetapkan masing masing 5 Penendang Bola dan melakukan eksekusi ke gawang kedua kesebelasan akhirnya Tim Daubag unggul dengan Score 4 – 3.
Dengan demikian kesebelasan Daubag akhirnya masuk kebabak berikutnya sementara kesebelasan Kaburo dinyatakan gugur.

Bupari Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam arahanya sebelum menyaksikan pertandingan sepak bola mengajak kaum muda di Imekko untuk bersatu sehingga memiliki kekuatan,jika bercerai berai tentunya tidak bisa menjadi juara.
”Kita harus bersatu sebagai satu kekuatan untuk membangun bidang olahraga di wilayah Imekko,” imbuhnya
Bupati mengatakan bahwa dengan umur yang masih muda ini tentunya masih sangat kuat untuk unjuk kekuatan, dengan kekuatan yang ada hendaknya harus dimanfaatkan dengan hal hal yang positif tentunya.

Bupati mengisahkan bahwa dulu dirinya pernah menjadi bintang lapangan sepak bola saat masih duduk dibangku SMP Inanwatan,” ungkapnya
Untuk itu dirinya meminta persatuan dan kesatuan dari semua pemuda untuk membangun bidang olahraga.
Lebih lanjut dikatakannya dengan anggaran dana desa yang ada tentunya perlu perhatian dari kita semua, untuk menyiapkan pakaian olah raga, sepatu bola dan sejumlah sarana prasarana olahraga lainya dan memberi kesempatan kepada pemuda untuk berkereatif di bidang olahraga.

“Tunjukan permainan terbaik dari masing masing club dan tunjukan sportifitas adalah nomor satu,” pinta bupati.
Tidak boleh dibiarkan generasi muda ini berdiam diri tetapi hendaklah kita mendukung mereka untuk membangun diri dibidang olahraga,”jelas bupati
Selain itu bupati menambahkan bahwa dirinya telah menyiapkan sejumlah Piala dan hadiah menarik kepada Club yang menjadi juara diantaranya Uang Pembinaan bagi juara I sebanyak Rp 20 Juta,juara II Rp.15 Juta,Juara III Rp 10 Juta,dan juara IV Rp 5 Juta.

Sementara itu Sekretaris Distrik Kokoda Marthen Mitogae,S.IP menjelaskan pemerintahan distrik telah membentuk kepanitiaan dalam rangka memeriahkan HUT distrik yang ke 15 dengan menggelar sejumlah Even diantaranya pertandingan sepak bola, futsal putra putri dan pertandingan volley putra putri
Hal lain disampaikan Sekdis bahwa dengan momen ini pihaknya berharap dapat menyatukan masyarakat kokoda yang terdiri dari 16 kampung untuk menjalin silahturahmi dan menjaga tali persaudaraan sehingga dapat menyatukan masyarakat distrik kokoda.

Sementara itu Ketua LMA Eme Yodee Hengki Gogoba.S.Sos menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintahan distrik yang telah menggelar kegiatan ini.
Disampaikanya dengan ajang ini diharapkan dapat mempersatukan persaudaraan sesama masyarakat adat diwilayah distrik Kokoda.

Hal ini terlihat dengan partisipasinya sejumlah klub baik sepak bola maupun volley dari Kali Tami Kabupaten Bintuni yang turut hadir dan mengikuti iven ini.menurutnya keikutsertaan sejumlah klub dari kabupaten Bintuni ini hanya karena kedua wilayah ini memiliki ikatan persaudaraan dengan Warga Kokoda.
Hengki menambahkan agar kondisi yang ada dapat terpelihara terus dan jika ada iven iven seperti ini yang dilaksanakan di Teluk Bintuni masyarakat Kokoda pun dapat turut berpartisipasi,“ungkapnya.

Usai menyaksikan pertandingan sepak bola Bupati juga sempatkan diri menyaksikan final volley putra antara club Kali Tami Melawan club Tarkena (Tarofkenaburi) yang dimenangkan oleh club Kali Tami dari Bintuni. ( Engelberto )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *