Bupati Sumenep Hadiri Halal Bihalal Gubernur di Grahadi

  • Whatsapp
Halalbihalal Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan para Bupati/wali kota se-Jawa Timur salahsatunya Bupati Sumenep serta berbagai instansi terkait di Gedung Negara Grahadi Surabaya

SURABAYA, beritalima.com| Suasana penuh kehangatan dan guyub melingkupi acara halalbihalal Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan para bupati/wali kota se-Jawa Timur serta berbagai instansi terkait di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (11/5).

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Pj. Sekdaprov Jatim Wahid Wahyudi beserta istri juga turut hadir.

Bacaan Lainnya

Acara halalbihalal tersebut dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama yakni pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh bupati/wali kota serta instansi vertikal yang ada di Jatim. Sementara pada sesi kedua yakni pukul 13.00 WIB, dihadiri oleh pimpinan organisasi masyarakat (ormas), rektor perguruan tinggi, perwakilan Badan Eksekutif Masyarakat (BEM), serta para pemimpin redaksi (pimred) dari berbagai media di Jatim.

Suasana akrab dan guyub tampak saat Gubernur Khofifah dan bupati/wali kota saling bermaaf-maafan. Bahkan, usai bersalaman, Gubernur Khofifah menghampiri setiap meja untuk menyapa langsung para tamu.

“Mohon maaf lahir batin, terimakasih kehadirannya,” sapa Gubernur Khofifah kepada setiap tamu undangan yang hadir.

Dalam setiap sesinya, alur para tamu undangan diatur dengan menerapkan protokol kesehatan. Para tamu terlebih dahulu dipersilakan menunggu di ruang transit agar antrian tidak menumpuk. Setelah itu, mereka secara bergantian satu per satu bersalaman dengan Gubernur, Wagub, dan Pj. Sekda.

Tidak hanya menyapa, orang nomor satu di Jatim itu bahkan menawarkan dan menyajikan langsung kue serta buah-buahan khas Jatim kepada mereka. Seperti Salak dari Kab. Lumajang, Jeruk dari Kab. Banyuwangi, Melon dari Kab. Lamongan, dan Jambu Kristal dari Kab. Jember.

“ Monggo ini buah-buahan khas produksi masing-masing kabupaten dan kota di Jatim, dicoba. Ada melon, jeruk, jambu kristal, pisang dan beragam lainnya . Monggo didahar,” kata Khofifah.

Usai menyapa langsung para tamu undangan, Gubernur Khofifah mengatakan bahwa silaturahmi ini dilakukan lantaran masih dalam momen bulan Syawal. Terlebih lagi bulan Syawal memang menjadi momentum yang tepat untuk saling memaafkan.

“Sebenarnya memaafkan itu bisa dilakukan setiap saat, tidak harus menunggu momen Idul Fitri. Dan permohonan maaf itu tidak hanya kita memohon ampun kepada Allah SWT, tapi juga minta maaf kepada sesama manusia,” jelasnya.

Momen silaturahmi dan halalbihalal dengan bupati dan wali kota serta instansi terkait ini juga dimanfaatkan Gubernur Khofifah untuk semakin mempererat koordinasi dan sinergi, terutama dalam proses pembangunan di Jatim. Serta untuk mewujudkan semboyan tahun ini yaitu “Optimis Jatim Bangkit”. Harapannya, koordinasi dan sinergi ini terus dilakukan sebagai bentuk komitmen seluruh elemen di Jatim.

“Kami juga menyampaikan terimakasih atas berbagai upaya dan kerja keras bupati/wali kota serta seluruh stakeholder dalam proses pembangunan di Jatim. Kami yakin dengan koordinasi dan sinergi yang kuat, ‘Optimis Jatim Bangkit’ dapat terwujud,” tegas Khofifah.

Gubernur Khofifah mengingatkan bahwa kebersamaan dan keguyuban di Jatim ini juga menjadi salah satu kunci pembangunan.

“Jawa Timur itu budayanya musyawarah kekeluargaan. Mari terus jaga semangat ini untuk Jatim lebih maju dan masyarakatnya sejahtera,” katanya.

Pelaksanaan halalbihalal yang diadakan Gubernur Khofifah tersebut sejalan Surat Edaran Mendagri No. 003/3319/SJ tentang Halal Bihalal pada Idul Fitri 2022.

Surat Edaran Mendagri itu menyebutkan maksimal jumlah tamu halalbihalal untuk daerah yang masuk level 3 adalah 50 persen dari kapasitas tempat. Kemudian daerah yang masuk level 2 yakni 75 persen dari kapasitas tempat. Sedangkan untuk daerah yang masuk level 1 adalah 100 persen dari kapasitas tempat.

(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait