Bupati Tulungagung Resmikan Moslem Fashion Festival

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Bupati Maryoto Birowo secara resmi buka acara Tulungagung Moslem Fashion Festival,yang diselenggarakan di GOR Lembupeteng, Sabtu (24/4/2021).

Acara yang diikuti ratusan peserta dengan mengusung tema ”BATIK TULUNGAGUNG”.

Dihadiri oleh,Kepala Disbudpar Tulungagung, Ketua umum dan ketua harianTulungagung Dekranasda Tulungagung, Kadiskop Usaha Mikro, Kadisperindag dan undangan lainnya.

Acara digelar sebagai upaya untuk mengangkat serta promosi kerajinan batik khas Tulungagung agar dikenal masyarakat luas, Pemkab Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Tulungagung Moslem Fashion Festival berbasis kearifan lokal.

Moslem Fashion Festival sebagai salah satu upaya memberikan kesempatan bagi kaum pengusaha ekonomi kreatif,khususnya batik khas daerah Tulungagung untuk meningkatkan inovasi kreatif.Berkembang bukan hanyadi daerah sendiri,namun skala Nasional bahkan Internasional.

Bupati Maryoto Birowo menuturkan, “acara Festival bertujuan memberikan kesempatan bagi para pengusaha ekonomi kreatif khususnya batik Tulungagung. Tulungagung merupakan potensi pengembangan kerajinan batik,diantaranya batik tulis maupun printing.”

Agar produk batik Tulungagung lebih dikenal masyarakat luas perlu adanya inovasi,salah satunya seperti acara Moslem Fashion Festival ini,dengan harapan bisa mengangkat produk batik Tulungagung.

“Sebenarnya batik Tulungagung ini sudah dikenal tidak hanya secara lokal regional Nasional,namun tetap harus diberi wadah supaya terus eksis dengan diselenggarakan acara seperti Fashion show ini,” tuturnya.

Bupati menambahkan,”menghadapi persaingan pasar yang ketat, diharapkan para pengrajin batik Tulungagung lebih meningkatkan kreatifitas,guna memenuhi permintaan pasar.”

Menurutnya, batik Tulungagung pun sudah mulai diperhitungkan.untuk itu, para pengrajin batik harus terus berkreatif.

“Mengikuti permintaan pasar,melayani baik ditingkat bawah,menengah,maupun yang agak lebih halus dipenuhi semua,”

Sekarang Tulungagung sudah mulai dikenal batiknya,dulu kecil namun sekarang sudah mulai berkembang dan berkembang sampai di tingkat Desa sudah ada home industi.

Acara Moslem Fashion Festival di tengah pandemi Covid-19 ini,Bupati Maryoto Bhirowo menekankan tetap mematuhi,melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun Kabupaten Tulungagung angka penyebaran covid-19 perlahan sudah mulai menurun namun harus tetap waspada.

“Di tengah pandemi Covid-19 yang mulai menurun secara penyebarannya, dan juga sudah bisa ditekan,namun kita harus berfikir memberikan kesempatan pada pengusaha ekonomi. Satu hal catatan di depan, protokol kesehatan harus selalu dipakai (diterapkan) itu yang pertama,” pungksanya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait