Cegah Penyebaran Corona, Fasilitas Umum Di Koarmada II Disemprot Disinfektan

  • Whatsapp

beritalima.com | Menindaklanjuti perintah Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengenai upaya pencegahan virus corona, tim dari Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kasikesprev Mayor Laut (K) Saiful Amin melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa fasilitas umum di lingkungan Koarmada II pada Rabu (11/03).

Fasilitas umum yang mendapat semprotan cairan disinfektan antara lain Masjid Al Mahdi, Masjid Assalam, Pura Jala Wira Dharma serta Lapangan Tembak Ambalat. “Dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruangan maka proses dekontaminasi akan lebih sempurna sehingga virus dengan identitas Covid-19 tersebut akan mati,” terang Mayor Saiful terkait tujuan kegiatan tersebut.

Saiful lantas menambahkan jika virus corona secara umum merupakan mikroorganisme parasit yang tidak dapat berproduksi di luar sel inang. Virus baru bisa bereplikasi memperbanyak diri kalau masuk ke dalam sel hidup.

Sehingga saat virus corona berada di ruang terbuka dan belum menjangkiti inang sel, virus dapat dilumpuhkan. Salah satunya dengan melalui pemanasan pada suhu sekitar 56 derajat celcius selama 30 menit, juga dapat dilumpuhkan dengan alkohol pada kadar tertentu serta cairan disinfektan yang mengandung chlorine, hydrogen peroxide disinfectant, chloroform dan pelarut lipid.

“ Selain itu penggunaan alkohol dengan kadar 70 persen bisa menjadi salah satu senjata melumpuhkan virus, termasuk virus corona. Oleh sebab itu tim Diskes Koarmada II bergerak secara cepat dalam penanganan virus ini, “ tandas Saiful.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait