Cerita Daniya Salsabila Ruly Merantau ke Irlandia Ikuti Program IISMA

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Mimpi Daniya Salsabila Ruly untuk studi ke luar negeri akhirnya terwujud. Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga angkatan 2019 itu mendapatkan kesempatan untuk belajar di Limerick University selama satu semester melalui program IISMA dari Kemendikbud.

Daniya, sapaannya, mengaku senang dan sangat bersemangat. Banyak hal baru yang membuka wawasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) itu.

Menurut Daniya, kampus di Eropa sangat berbeda dengan Indonesia. Terlebih, gaya belajar di Limerick University ternyata berlainan dengan ekspektasi Daniya.

“Kalau kita biasa kan masuk kelas, presentasi, tanya jawab, diskusi, kuliah. Kalau di sini, kita disuruh pelajari sendiri. Jadi pas di kelas, jatuhnya interaktif aja dominan diskusi dan tanya jawab,” terang Daniya.

Selain itu, perbedaan budaya di kelas juga sangat terasa. Misalnya, interaksi antara dosen dan mahasiswa yang lebih luwes. Atau suasana kelas yang diisi tidak hanya mahasiswa S1 sepertinya, tetapi juga mahasiswa jenjang S2 hingga S3.

Selain itu, melalui Program IISMA, Daniya dibebaskan memilih mata kuliah. Dimana tak terbatas hanya pada jurusannya saja.

“Aku dapetnya nggak jurusan, kita ambil serangkaian mata kuliah di sini. Jadi program IISMA ini nggak minta kita untuk ambil sesuai prodi kita, malah disuruh eksplor dan dibebaskan,” ungkapnya.

Daniya telah memulai perkuliahan sejak 7 September lalu. Selama studi di Limerick University, ia tinggal di sebuah apartemen yang disediakan oleh pihak kampus sebagai asrama.
Meski tak seketat di Indonesia, sejumlah mata kuliah yang diambil Daniya masih dilakukan secara daring.

“Jika perkembangan kasus Covid-19 terus membaik, akhir Oktober nanti kampusnya akan segera mencabut pembatasan sosial,” sambungnya.

Sebagai informasi, darah asal Bekasi itu telah bertolak ke Irlandia sejak akhir Agustus lalu. Rencananya, Daniya akan menempuh studi selama satu semester dan selesai di penghujung tahun nanti (18/12/2021).

Kepada mahasiswa yang tengah berjuang mengikuti IISMA, Daniya berpesan agar percaya diri dan selalu berusaha. Ia yakin IISMA adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.
Soal prestasi, Daniya sendiri bukan tipe individu yang meraih segudang prestasi akademik. Ia lebih cenderung memaksimalkan waktunya untuk berorganisasi, kepanitiaan, dan kegiatan non-akademik lainnya.

“Lebih baik mencoba terus gagal, daripada nggak coba sama sekali. Ketahui kemampuan diri dan bikin strategi yang matang,” tandasnya. (Yul)

Caption : POTRET Daniya Salsabila Ruly di Limerick University selama mengikuti Program IISMA (29/9/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait