Cerita Genada Asaika Ikuti Jeonbuk National University Spring Exchange Program

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Genada Asaika, mahasiswa asal Fakultas Ilmu Budaya (FIB Unair) kembali menorehkan prestasi gemilangnya. Kali ini, ia berkesempatan untuk mengikuti program student exchange Jeonbuk National University (JBNU) Spring Exchange Program 2023 secara partial-funded.

Program yang Genada jalani merupakan program canangan Jeonbuk National University (JBNU) dan berkolaborasi dengan Universitas Airlangga untuk memberikan kesempatan para mahasiswa untuk dapat studi di Jeonbuk National University (JBNU), Korea Selatan.

Genada menceritakan, bahwa ia perlu persiapan yang matang dalam mengikuti program JBNU. Selain itu, ia harus pandai membagi waktu antara persiapan untuk JBNU dan masa penyelesaian skripsinya.

“Tentu dalam program ini, aku mempersiapkan segalanya dengan matang mulai dari dokumen yang diperlukan hingga hal-hal kecil lainnya. Namun, pada masa persiapan, aku juga harus mengurus skripsiku,” tambah Genada.

Motivasi Genada Ikuti JBNU Spring Exchange

Salah satu motivasi Genada dalam mengikuti Jeonbuk National University (JBNU) Spring Exchange Program 2023 tak lain karena JBNU sendiri berada di Korea Selatan. Baginya, Korea Selatan merupakan negara yang aman dan minim dari kriminalitas.

“Menurutku, pemilihan negara untuk studi merupakan hal yang penting karena hal tersebut membentuk rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan studiku, salah satunya Korea Selatan yang minim dari kriminalitas,” tutur Genada.

Tantangan Genada

Mengingat Korea Selatan merupakan negara dengan minoritas muslim, hal ini tantangan bagi Genada. Ia kerap kali mengalami kesulitan dalam mencari tempat ibadah dan makanan halal. Ditambah, selama program berlangsung bertepatan dengan bulan Ramadan yang mengharuskan berpuasa lebih lama.

“Ini challenging banget, selain perbedaan waktu puasa yang lebih lama. Saat ini, Korea memasuki pergantian musim, yang mana seringkali terjadi perubahan cuaca dan suhu yang dratis,” seru Genada.

Kesempatan Memperkenalkan Indonesia ke Korea Selatan
Selain berkesempatan studi, ia juga memiliki kesempatan untuk memiliki international exposure. Ia mengenal banyak teman dari berbagai latar belakang dan negara. Hal tersebut menjadi pengalaman berharga bagi Genada.

Genada juga berkesempatan untuk melakukan presentasi kepada mahasiswa internasional untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan juga memperkenalkan Universitas Airlangga kepada mahasiswa Jeonbuk National University.
Ia disambut hangat oleh mahasiswa internasional disana, ia bertukar informasi mengenai masing-masing negara dan mendapat insight baru pada pendidikan di negara maju seperti Korea Selatan.

“Aku berharap setelah program ini usai, aku berharap dapat menerapkan apa yang telah aku dapatkan dan tetap menjalin komunikasi pada mahasiswa internasional yang kukenal disana. Aku berpesan kepada mahasiswa semua untuk berusaha semaksimal mungkin dan berdoa untuk mencapai mimpi,” pungkas Genada. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait