Citizen Reporter, Boleh Baca Tanpa Beli di Toko Buku Berjalan Kampus UIN Alauddin

oleh -68 views

Wiwi Widya Ningsih

Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar

www.beritalima.com

Pemandangan Kamis (29/10/2016 , di kampus II  UIN Alauddin Makassar,   terletak di Jl. Yasin Limpo Samata-Gowa, nampaknya di hiasi dengan toko buku unik yang berjalan menggunakan sebuah mobil. Salah seorang pedagang buku itu namanya  A.Mustafa (35), alamatnya di Jl. Borong Raya Makassar.

Pasangan suami isteri ini,  A.Mustafa  dan  A.Harmuniati, bersama  keluar berjualan buku dengan membawa anaknya tiga kali  seminggu  mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 18.00 sore di kampus Uin Alauddin Makassar.

Tempat mereka. berjualan sangat banyak,bukan hanya di kampus Uin, tetapi mereka juga keliling kampus yang ada di Makassar. Mereka standbay berjualan di kampus UIN Alauddin  jika banyak orang yang memesan buku-buku tersebut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Menurut A. Mustafa, memilih menjual buku menggunakan mobil di banding menjual di toko yang menetap, di sebabkan  lebih memiliki potensi yang baik serta bisa menjangkau banyak orang. Sebenarnya mereka juga memiliki toko buku di Gramedia M’tos Makassar .

Mereka menjual berbagai macam buku-buku, seperti buku novel dan buku-buku murah, meraka mendapatkan buku tersebut dari Jawa, sedangkan buku yang bertema pendidikan mereka mendapatkan buku tersebut sebagian dari Makassar dan sebagian dari Jawa.

Buku yang terjual setiap harinya kurang lebih 100 buku, mereka mendapatkan penghasilan setiap harinya kurang lebih Rp.1.000.000. Dengan menjual buku mereka mampu memenuhi kebutuhan keluarganya. Selain menjadi pedangan buku, mereka juga memiliki usaha sampingan.

Akan tetapi mereka lebih memilih menjual buku, karna tingkat penghasilannya sangat tinggi di banding dengan penghasilan usaha sampinganya.Mereka sangat mengharapkan agar kita mampir di tempatnya dan senangtiasa membaca buku di tempatnya tanpa harus membeli buku tersebut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com