Citizen Reporter Prof AA Kembali Memukau dan Menginspirasi Pemuda dan Mahasiswa

  • Whatsapp

Salah seorang Staf Mediasi Center Kantor Gubernur Sulsel, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, sering di panggil Prof AA, kembali tampil memukau dan menginspirasi pemuda pemula yang baru tamat SMA dan para aktifis mahasiswa se-Kota Makassar

Dia tampil jadi nara sumber pada acara digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Pemrov Sulsel, dengan acara Pengembangan Kepemimpinan Pemuda angkatan I tahun 2016,   Minggu (4/9/2016).

Doktor sosiologi antropologi PPs-Unpad Bandung ini menegaskan, ada dua subsantasi permasalahan  terkait materi dibawakan, yakni;  masalah prinsif kepemimpinan dan manajemen organisasi.

 Membahas kedual hal tersebut, Guru besar sosiologi UNM  terinspirasi dengan alam atau lingkungan. Soal kepemimpinan adalah bagian penentu dari keberhasilan sebuah organisasi.

Dikatakan ada beberapa prinsip kepemimpinan  menurut Guru Besar Sosiologi UNM ini, yang tidak perlu harus belajar dari buku soal kepemimpinan, tetapi prinsif kepemimpinan itu bisa dipelajari dari  sifat-sifat alam yang ada, yakni seorang pemimpinan harus memiliki sifat seperti  bumi, yaitu,  suka beramal,  tidak mudah mengecewakan orang yang dipimpinnya, murah hati dan sebagainya.

Prof AA beri inspirasi pada siswa diantaranya memiliki sifat seperti langit, yakni mampu menampung berbagai pendapat yang datang padanya, dan juga memiliki keleluasaan hati dan lainnya.

Ketiga, memiliki sifat seperti bintang, yakni menjadi petunjuk arah (kompas) bagi yang dipimpinnya dan lannya. Keempat, memiliki sifat seperti bulan, yakni selalu tampil mempesona dan selalu memberikan harapan baru.

Selanjutnya, memiliki sifat angin, bisa berada disegala tempat  dan tidak membedakan-bedakan oran yang dipimpinnya. Keenam, memiliki sifat seperti tanah, dapat menjadikan dirinya sebagai penyubur kehidupan bagi yang dipimpinya.

Ketujuh, memiliki sifat seperti samudra, yakni sejuk dan menyegarkan, bijaksana, adil terhadap orang yang dipimpinnya dan  kedelapan adalah seorang pemimpin harus memiliki sifat eperti rumah, yakni menyiapkan dirinya seperti tempat berteduh dan nyaman, tandas Pengurus KAHMI Kota Makassar  ini.

Laporan : Rusman Rasyid S.Pd,  M.Pd, Dosen Unkhair Mahasiswa S3 Pendidikan Ligkungan Hidup, PPs-UNM

Ketgam:

Staf Mediasi Center Kantor Gubernur Sulsel, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, sering di panggil Prof AA, kembali tampil memukau dan menginspirasi pemuda pemula yang baru tamat SMA dan para aktifis mahasiswa se-Kota Makassa, Minggu (4/9/2016). (foto: rusman rasyid)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *