Corona Masih Ada, Jangan Sudahi 3M

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Hingga menjelang ganti tahun, virus corona (Covid-19) belum juga lenyap. Terbukti bahwa yang tertular hingga meninggal dunia pun masih ada.

Data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Republik Indonesia, hingga 14 Desember 2020 jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 617.820 orang, dimana sekitar 3 persennya (18.819 orang) meninggal dunia.

Covid-19 masih juga menyebar. Virus ini menular lewat berbagai cara, di antaranya melalui percikan ludah (droplet) saat penderita Covid-19 batuk atau bersin, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita Covid-19, dan kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19.

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia dan yang daya tahan tubuhnya lemah. Karena mudah menular, virus Corona juga berisiko tinggi menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien Covid-19.

Sampai saat ini belum ada vaksin pencegah infeksi virus Corona atau Covid-19. Vaksin dari Cina yang sudah datang di Indonesia belum juga diuji keampuhannya, hingga banyak yang menolak untuk disuntik terlebih dulu.

Karena itu, cara pencegahan yang terbaik adalah 3M, menakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak atau physical distancing.

Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak. Selalu gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi belanja dan beribadah sholat berjamaah. Dan, biasakan cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer .

Hand sanitizer yang baik adalah yang mengandung alkohol minimal 60%. Ini harus digunakan setiap kita beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum cuci tangan seperti itu.

Selain itu, tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.

Hindari kontak dengan penderita Covid-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi virus Corona, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

Untuk orang yang diduga terkena Covid-19, termasuk orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP), beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tidak menularkan virus Corona ke orang lain, lakukan isolasi mandiri dengan cara tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.

Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan. Bila ingin ke rumah sakit saat gejala bertambah berat, sebaiknya hubungi dulu pihak rumah sakit untuk menjemput. Larang orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk sampai Anda benar-benar sembuh. Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.

Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain. Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain. Dan gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait