KPU Trenggalek Apresiasi Kenaikan Tingkat Partisipasi Pilkada 2020

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com

Adanya kenaikan tingkat partisipasi pemilih pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Trenggalek Tahun 2020 di apresiasi sejumlah pihak. Salah satunya adalah apresiasi dari pihak penyelenggara pemilihan umum, dalam hal ini KPU Trenggalek.

Ungkapan apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek, Gembong Derita Hadi kepada seluruh masyarakat yang telah ikut memberikan hak suaranya sehingga tahapan pilkada bisa berjalan dengan baik, bahkan jumlah partisipan juga meningkat.

“Bersyukur, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada (tahun 2000 ini naik di banding Pilkada lima tahun yang lalu. Peningkatannya sekitar nol koma satu persen, ” ungkap pria ramah yang akrab disapa Gembong itu, Selasa (16/12/2020).

Ketua KPU menyebut, peningkatan angka partisipasi pemilih itu diketahui usai diadakannya rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek serentak lanjutan Tahun 2020 yang di gelar hari ini di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. Untuk pilkada tahun ini jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap atau DPT totalnya adalah 581.880, “Sementara jumlah pemilih yang hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara) adalah 395.114,” imbuhnya.

Pada pilkada yang lalu, lanjut dia, tepatnya di Tahun 2015 tingkat partisipasi pemilih saat itu di angka 67,8 persen. Sedangkan pada pilkada tahun 2020 ini, jumlah pemilih secara prosentase mengalami peningkatan yakni 67,9 persen. Padahal sebenarnya, pilkada kali ini termasuk yang cukup sulit karena dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga sempat ada kekhawatiran akan menimbulkan penurunan jumlah pemilih aktif.

“Namun berkat kerja keras dari seluruh jajaran kami, Alhamdulillah jumlah partisipasi meningkat. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih kepada semua rekan-rekan KPU mulai dari tingkat kabupaten hingga desa serta para pihak yang turut mensukseskan pilkada Trenggalek tahun ini,” pungkas mantan aktivis kemahasiswaan tersebut. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait