Curhat ke LaNyalla, Raja Gowa Minta Kerajaan di Luar Jawa Diperhatikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Raja Gowa, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III memanfaatkan kunjungan kerja Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti ke Sulawesi Selatan untuk curhat.

Dia menyampaikan apa yang menjadi aspirasi raja di luar Pulau Jawa yang merasa kurang mendapat perhatian dari Pemerintah. Raja Gowa tersebut menyampaikan kebanggaan ia atas kesediaan LaNyalla dan rombongan hadir di Kesultanan Gowa. “Semoga kehadiran Ketua DPD dan rombongan menjadi berkah bagi kami agar bisa melakukan pembinaan kerajaan di Gowa dan kerajaan-kerajaan lainnya di Sulsel,” kata Raja Gowa.

Menurut dia, para raja di Sulsel berharap DPD bisa menyalurkan aspirasi kepada pemerintah agar mereka tidak ‘dianaktirikan’. “Mohon kerajaan-yang ada jadi perhatian karena tanpa kerajaan, republik ini tidak akan berdiri. Kerajaan yang melawan penjajah. Kami serahkan nusantara kepada Presiden Soekarno. Namun, sekarang banyak raja di luar Jawa kurang diperhatikan.”

Diingatkan, pentingnya Pemerintah, baik Pusat dan Daerah, memberi perhatian lebih kepada kerajaan-kerajaan di Nusantara karena kerajaan sebagai warisan budaya harus dijaga. “Dengan begitu Indonesia semakin disegani. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa rahmat dan berkah.”

Menanggapi harapan itu, LaNyalla menegaskan komitmen DPD RI terhadap kelestarian kerajaan Nusantara. Bahkan DPD RI berencana menggelar Festival Kerajaan Nusantara di Sumedang, Jawa Barat, September 2021.

“DPD RI berencana menggelar pertemuan Raja dan Sultan se-Nusantara di Jakarta. Tujuannya agar kepentingan dan eksistensi Kerajaan Nusantara tetap bertahan,” ungkap LaNyalla.

Ditambahkan, DPD RI sebagai representatif Daerah akan selalu mendorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah agar memperhatikan, menghormati, dan melindungi Kerajaan Nusantara.

“Saya berharap, kunjungan di Kerajaan Gowa, kami memperoleh berbagai informasi dan masukan Daerah dalam rangka penguatan peran Kerajaan Nusantara, sekaligus mempertegas peran DPD RI sebagai wakil daerah yang punya tugas memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah di tingkat nasional.”

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, yang diwakili Sekda Pemkab Gowa Kamsinah menyampaikan selamat datang kepada LaNyalla dan rombongan. Menurut dia, Gowa beruntung menjadi salah satu daerah yang dikunjungi Ketua DPD RI. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait