Dalam Dialog Kebangsaan di Stasiun Gubeng Surabaya, Mahfud MD Ungkap Pengacau Pemilu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Ada gerakan untuk mengacaukan Pemilu 2019. Gerakan pengacau Pemilu itu sudah terjadi dan tampak, salah satunya dengan cara penyebaran hoax atau informasi sesat yang masif dan terstruktur.

Ketua Suluh Kebangsaan, Mahfud MD, mengungkapkan itu saat jadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan Seri VIII di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (21/2/2019).

“Hoax itu gerakan pengacau pemilu. Karena, sudah diberitahu bahwa berita itu salah tapi dikembangkan terus,” lanjut Mahfud.

“Hoax itu suatu gerakan untuk menyebar informasi yang sesat, yang semakin dijelaskan itu sesat semakin dikembangkan. Itu gerakan untuk mengacaukan pemilu,” tandas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Untuk itu, melalui Gerakan Kebangsaan, Mahfud mengajak dan menggugah kesadaran masyarakat agar menghindari informasi hoax dan tidak golput.

“Jadi, satu, jauhi hoax. Dua, jangan tidak memilih. Hindari Golput. Karena, Golput itu merugikan,” tegas pakar hukum tata negara ini.

“Saya tidak menuduh salah satu (kubu Paslon Capres-Cawapres), karena bisa datang dari mana saja. Malah menurut saya, orang yang membuat hoax itu pihak ketiga,” tambahnya.

Dalam Gerakan Suluh Kebangsaan ini, Mahfud Md melakukan perjalanan yang diberi nama Jelajah Suluh Kebangsaan. Dengan menggunakan moda transportasi kereta api, perjalanan dimulai dari Stasiun Merak, Jawa Barat, pada Jumat (18/2/2019).

Total ada 9 titik Stasiun Kereta Api yang disinggahi. Di Stasiun Gubeng Surabaya ini merupakan titik ke 8, dengan tema “Meneladani Patriotisme Arek Suroboyo Bagi Indonesia Emas 2045”. Dan, Jelajah Kebangsaan ini akan diakhiri di Stasiun Banyuwangi, Jumat (22/2/2019).

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Dia menambahkan, acara ini merupakan rangkauan kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan yang bertujuan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkokoh NKRI.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menguatkan dan menyebarluaskan semangat positif kebangsaan Indonesia melalui jalur kereta api,” tutup Suprapto. (Ganefo)

Teks Foto: Ketua Suluh Kebangsaan, Mahfud MD, bersama para narasumber di acara Dialog Kebangsaan Seri VIII di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (21/2/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *