Dandim 0814 Jombang Pantau Pembuatan Irigasi Demi Sukseskan Swasembada Pangan Nasional

  • Whatsapp

Jombang  Irigasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan hasil panen bagi para petani. Disadari atau tidak bahwa saat sekarang hampir semua saluran irigasi tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Sehingga pasokan air ke areal persawahan semakin berkurang. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab turunnya hasil panen. Dengan adanya kerja sama antara Kementrian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat, maka Babinsa sebagai ujung tombak satuan diwilayah wajib melaksanakan pendampingan kepada seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Pangan dalam rangka mencapai swasembada panagan nasional.

Menyikapi hal tersebut Kodim 0814 Jombang pada hari selasa (21/6/2016), melaksanakan pendampingan kepada petani yang sedang melaksanakan pembuatan saluran irigasi di Dusun Petengan Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang. Kegiatan pendampingan itu juga terus dipantau secara langsung oleh Dandim Jombang Letkol Arh M.Fatkurahman.
“ Pembangunan irigasi dalam rangka memperlancar pengairan pertanian terus digencarkan oleh pemerintah. Hampir diseluruh wilayah pembangunan ataupun perbaikan saluran irigasi sedang dilaksanakan, Perbaikan saluran irigasi tersebut memang sangat diperlukan. Maka tidaklah berlebihan apabila sering kali seorang Babinsa melaksanakan pengecekan / peninjauan terhadap kegiatan pertanian.
Sebagai contoh adalah sekarang ini sudah sering terlihat anggota Koramil ikut terjun ke sawah bersama PPL dan petani untuk menggarap sawahnya. Bahkan tidak jarang mereka ikut membantu dalam mengolah sawah di wilayahnya. Dari menjalankan traktor, menanam hingga melaksanakan panen. Semua itu merupakan upaya pendampingan yang dilaksanankan oleh Babinsa dalam menyukseskan peningkatan hasil panen petani “, ujar Dandim Jombang.
Meskipun bulan puasa kegiatan pembuatan irigasi permanen dengan panjang 131 m tambahan swadaya masyarakat 20 m jadi jumlah 151 m lembar 120 cm  tetap dilaksanakan demi terwujudkanya Swasembada Pangan Nasional.  Komunikasi yang selama  ini sudah berjalan dengan baik itulah yang membuat sinergitas antara masyarakat dengan anggota TNI. Dalam kesempatan itu Dandim Jombang didampingi oleh Kapten Inf Suparman Danramil 0814/01 Kota, Kapten Inf Hariyono Pasiter Kodim Jombang, Serda M. Danuri Babinsa Tambak Beras serta beberapa gapoktan Desa Petengan.(Penrem 082/CPYJ)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *