Danjen Akademi TNI Tutup Latihan Napak Tilas RPS Bagi Taruna Tingkat 1 Akademi TNI

  • Whatsapp

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., menutup Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Soedirman (RPS) bagi 779 Taruna Akademi TNI TP 2021/2022 di Gelanggang Olahraga Grimandala di Desa Wonokarto, Kabupaten Wonogiri, Kamis (16/12/2021).

Latihan Napak Tilas RPS dilaksanakan dari tanggal 13 s.d. 16 Desember 2021 di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta dan Kabupaten Wonogiri Provinsi Semarang dengan jarak tempuh sejauh 67 Km yang dibagi dalam 3 etape. Etape pertama menempuh jarak 23 Km, dimulai dari Desa Semanu sampai dengan Desa Sambiroto Kabupaten Gunung Kidul. Etape kedua menempuh jarak 26,7 km menuju Desa Gumiwang dan etape ketiga sepanjang 13,5 Km menuju Wonokarto sebagai titik akhir kegiatan RPS.

Danjen Akademi TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa latihan RPS merupakan salah satu materi dalam kurikulum pendidikan dasar integratif Taruna Akademi TNI yang bertujuan untuk menanamkan dan mewariskan sikap serta semangat kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada Taruna agar dapat diteladani mengingat mereka kelak akan menjadi calon-calon pemimpin TNI di masa depan. “Latihan RPS juga mengajarkan kepada Taruna tentang semangat membangun persatuan kepada rakyat, mengingat Prajurit Taruna adalah berasal dari rakyat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pada setiap etape di tempat pemberhentian latihan RPS dilaksanakan kegiatan bhakti sosial oleh Staf Menchandra dan Mako Akademi TNI berupa penyerahan sembako, pemutaran film tentang profil Akademi TNI yang menggambarkan tentang pendidikan Taruna agar dapat menjadikan inspirasi dan motivasi bagi para remaja untuk menjadi Taruna Akademi TNI.

“Pada akhir pelaksanaan RPS di etape ketiga yaitu saat acara penutupan latihan, kegiatan karya bhakti RPS selain dilaksanakan pembagian sembako, juga dilaksanakan donor darah dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat sekitar,” kata Danjen Akademi TNI.

Danjen Akademi TNI juga menjelaskan bahwa kegiatan bhakti sosial pada pelaksanaan RPS Taruna Akademi TNI ini adalah selain sebagai pembelajaran tentang nilai-nilai semangat persatuan antara TNI dan masyarakat, juga sebagai wujud nyata bhakti TNI kepada masyarakat.

Hadir pada acara penutupan latihan RPS bagi Taruna Tingkat 1 Akademi TNI adalah Gubernur AAL, Wakil Bupati Wonogiri, para Direktur dan Pabantama Akademi TNI, Danmenchandra beserta staf serta pejabat Forkompinda Wonogiri. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait