Dari Musrembang, Kurangi Budaya Konsumtif

  • Whatsapp

TORAJA UTARA,beritalima.com – Kecamatan Buntu Pepasan, melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrembang ) terkait langkah awal Pemerintah Daerah dalam membahas soal pembangunan serta menyusun program-program, dengan harapan lewat Musrembang terwujudnya pembangunan sesuai harapan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, sejak tanggal berlangsungnya Musrembang hingga 19 Februari 2018 nanti, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Daerah ( Bappeda ) di 5 Kecamatan.

Musrembang yang berlangsung di Kecamatan Buntu Pepasan, Selasa (13/2/2018) dihadiri oleh Camat Buntu Pepasan, Ruben To’ Allo, Bappeda diwakili Yohanes Rerung, anggota DPRD Toraja Utara, Paulus Tangke dari Fraksi PDI Perjuangan dan Germianus Suli dari Fraksi Gerinda, Danramil 03 Rindingallo, Peltu. Cornelius, Kapolsek Buntu Pepasan yang diwakili Babinkamtibmas, Bribka Yulius Karambe, jajaran OPD, Pendamping Desa,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama.

Ditemui disela-sela kegiatan Musrenbang itu berlangsung, Camat Buntu Pepasan, Ruben To’ Allo mengungkapkan, bahwa masyarakat di Buntu Pepasan untuk tahun anggaran 2019, pembangunannya lebih ditekankan dibidang Pertanian.

“Didalam Musrenbang untuk anggaran tahun 2019, kami lebih menekankan dibidang Pertanian. Hal ini terkait mengurangi gaya hidup yang cenderung lebih ketergantungan terhadap hasil Pertanian dengan Daerah lain dan masyarakat dominan melakukan gaya hidup praktis,” ujar Camat Buntu Pepasan.

Belakangan ini, budaya konsumtif yang terjadi di Toraja Utara utamanya sektor Pertanian semakin meningkat, maka sektor Pertanian perlu di tingkatkan agar menimalisasi budaya konsumtif yang berlebihan.

Camat juga mengurai, selain Bidang Pertanian, pembanngunan infrastuktur jalan pun menjadi prioritas dengan layanan berbasis On line juga menjadi prioritas, papar Ruben.

Ditimpali oleh anggota DPRD Torut yang berasal dari Partai PDIP, Paulus Tangke, kata dia, “Dengan adanya Musrenbang ini, saya harapkan kepada seluruh OPD serta stokholder adany kerja sama, dengan tujuan demi pembangunan berkualitas serta dapat dirasakan oleh masyarakat demi kemajuan Kecamatan Buntu Pepasan,” ujar politisi senior itu. (Gede Siwa).

Keterangan foto: Saat pelaksanaan Musrembang dilaksanakan di Kecamatan Buntu Pepasan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *