Dari Usaha Kecil Ikan Lele, Warga Desa Keting Jember Ciptakan Produk Ekspor

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Dengan tekad ingin mensejahterakan masyarakat sekitar, Arif Sugihartani berhasil mengontrol roda perekonomian dengan mengembangkan usaha peternakan ikan lele.

Pria asal Desa Keting, Kecamatan Jombang, mengungkapkan kisahnya, kepada Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin beserta Panitia Jember SAE (Sehat, Aman dan Eksotis), saat mengunjungi lokasi pemijahan lele miliknya, Jumat (28/5/2021).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Panitia Jember SAE, Mohamad Isriyadi mengatakan, kreativitas masyarakat Desa Keting sejalan dengan program yang digagas oleh Universitas Jember melalui Lembaga Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat (LP2M) dan Polres Jember.

“Yaitu membangun citra masyarakat Jember Hebat, khususnya di bidang ekonomi,” ucapnya.

Menurutnya, dorongan Unej dan Polres Jember memacu semangatnya, untuk mencari sosok-sosok Inspiratif bagi masyarakat. “Kami hanya ingin menyampaikan, masyarakat jember kaya akan ide dan sangat Inovatif,” katanya.

Isriyadi menyampaikan, perkembangan informasi saat ini harus betul-betul dimanfaatkan. Bisa jadi, di jember ini setiap desa atau kecamatan, mempunyai identitas tersendiri.

“Misal di gumukmas punya ciri khas, dengan ayam pedasnya. Desa Keting bisa dengan makanan khas Ikan Lelenya,” bebernya. Sehingga, perekonomian di wilayah terdongrak dengan kulinernya.

Dirinya berpendapat, perekonomian suatu wilayah memang harus dibentuk dari lingkup kecil terlebih dahulu.

“Dari itu, usaha yang dibangun di desa keting ini sudah patut dijadikan contoh, usaha kreatif dan edukatif. Sebab, pasar mereka sudah merambah ke luar negeri atau ekspor,” tambahnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait