Datang ke Gerai ADM, Enam Menit Adminduk Selesai

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Tidak perlu lama mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Jember, cukup datang ke gerai Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) enam menit selesai.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto usai meresmikan mesin ADM di Transmart Jember menyampaikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendapat hadiah dari Dirjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupa mesin ADM.

Bacaan Lainnya

“Mesin ADM ini proses cetak seperti KTP, KK atau Adminduk lainnya. Hanya dibutuhkan waktu enam menit,” katanya, Sabtu (29/5/2021).

Dengan adanya mesin ADM ini, diharapkan pelayanan bisa lebih baik lagi. Mengingat, Adminduk kebutuhan yang sangat mendasar.

Menurut Bupati, fungsi mesin ADM ini sangat simpel dan praktis. Masyarakat bisa mengajukan cetak KTP secara mandiri dan tidak perlu ke kantor Dispendukcapil atau antri menunggu beberapa hari lamanya.

Sementara, Kepala Dispendukcapil Pemkab Jember Isnaini Dwi Susanti mengatakan, nanti ada petugas yang akan memandu masyarakat.

Namun, masyarakat sebelum menggunakan mesin ADM, agar lebih dulu memperbaiki data-data di KK, seperti status perkawinan, maupun pecah KK, dan yang lebih penting lagi belum daftar melalui sistem online.

“Setelah itu bisa ke gerai mesin ADM. Nanti mereka akan mendapatkan PIN dan User untuk menggunakan ADM,” tuturnya. Karena bila sudah daftar online, tidak bisa dicetak lagi.

Tetapi, kata Shanty, apabila masih pemula atau pertama kali membuat KTP, bisa melakukan perekaman foto ke kantor kecamatan.

“Kemudian, membawa KK ke ADM, maka KTP bisa dicetak. Jadi mesin ADM ini diprioritaskan kepada pemula,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait