Daya Tarik Masyarakat MAN 5 Jombang Miliki Tahfidzul Qur’an

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Daya tarik masyarakat, Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang memiliki pendidikan keterampilan Tata Boga, Tata Busana, dan Furniture. Namun dari sekian banyak pendidikan ekstrakulikuler yang dimiliki MAN 5 tersebut, ada satu pendidikan ekstrakulikuler yang diminati oleh masyarakat sekitar yaitu hafalan al qur’an atau Tahfidzul Qur’an.

“Jumlah siswa – siswi keseluruhan dari kelas 10 – 12 sebanyak 470 siswa baik pria maupun wanita. Dari sebanyak itu siswa – siswinya lebih banyak perempuan,” kata Ahmad Mudzakkir, Kepala MAN 5 Jombang, Kamis (30/9/2021).

Dalam pendidikan madrasah sama seperti biasanya mengacu pada Struktur Kurikulum yang terdapat dalam KMA Nomor 184 tahun 2019 tentang pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. MAN 5 Jombang terakreditasi A berdasarkan SK BAN-SM No. 599/BAN-SM/SK/2019, dan menjadi Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dengan SK Dirjen Pendis Nomor 2851 tahun 2020.

Adapun jurusan yang ada di MAN 5 yaitu jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-ilmu Sosial (IIS), dan Ilmu-ilmu Keagamaan (IIK). Dan untuk ketrampilannya ada Desain Interior, Produk Furnitur, Tata Busana dan Tata Boga. Sedangkan pelajaran ekstra kurikuler terdiri dari Pramuka, PMR, Teater, Jurnalistik, Al-Banjari, Qiro’ah, Khitobah, English club, Arabic club, Tahfidzul Qur’an, Pencak silat, Bola voli, bulu tangkis, Tenis meja, Futsal, Drumband, Paduan Suara, Musik, dan Kaligrafi.

Selain itu, MAN 5 Jombang juga berhasil meraih juara pada Porkab Pencak Silat Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi Jawa Timur, meraih juara pada ajang Madrasah Creative Camp (MCC). Namun yang menarik dalam pendidikan keterampilan yang masuk dalam ekstrakulikuler, masyarakat sekitar lebih tertarik dengan pendidikan Tahfidz Qur’an atau hafalan Qur’an.

“Siswa siswi yang mengikuti Tahfidz Qur’an sering mendapat undangan dari masyarakat sekitar untuk mengisi acara salah satunya untuk penambahan nilai siswa,” jelas Ahmad Mudzakkir kepada beritalima.com.

Sekilas info, MAN 5 Jombang berasal dari Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum yang berdiri tahun 1974. Tahun 1985, Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum berubah menjadi MAN Fillial Tambakberas. Tahun 1997, MAN Fillial Tambakberas di Genukwatu dinegerikan dengan SK Nomor : 107 th . 1997 tgl. 17 Maret 1997 dengan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Genukwatu Jombang. Dan pada tahun 2018 MAN Genukwatu Jombang berubah menjadi MAN 5 Jombang.

“Siswa – siswi MAN 5 Jombang semuanya pulang ke rumah masing – masing karena rumahnya sekitar Kecamatan Ngoro dan tidak ada yang mondok seperti yang ada di Jombang Kota,” ujar Mudzakkir.

Lain hal di masa pandemi Covid-19, MAN 5 Jombang mengikuti aturan pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Bersama Empat Kementerian untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Sekolah tersebut berkomitmen tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran peserta didik madrasah di masa pandemi Covid-19 ini. 0075

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait