Dekan FT UMI : Sekarang, Elektro Harus Aktualisasikan Diri

  • Whatsapp

MAKASSAR. Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, bidang elektro harus mampu mengaktualisasikan diri. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT-UMI), DR. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT, pada kegiatan orientasi pengenalan kampus kepada mahasiswa baru Prodi Elektro FT UMI, yang berlangsung secara daring, Kamis (02/09/2021)

Dekan FT UMI menyampaikan, seluruh mahasiswa FT UMI, untuk bersaing di masa depan, harus memiliki 3 (tiga) hal, yakni berkarakter, Kompetensi, dan literasi.

Kemudian untuk karakter, sesuai dengan visi dan misi UMI, terbagi menjadi dua yaitu karakter moral dan karakter kinerja.

“Karakter moral, setiap mahasiswa itu harus jujur. Karena kejujuran yang nomor satu, karena ini erkait dengan akhlak. Selain itu haruslah beriman, bertaqwa, dan rendah hati. Lalu untuk karakter kinerja, ini merupakan ciri mahasiswa teknik yakni pekerja keras, ulet, tangguh, tidak mudah menyerah, bekerja tuntas, dan memiliki kebersamaan kuat yang terarah,” terang Mukhtar.

Dilanjutkan, untuk kompetensi, ini sebagai pembeda antara Fakultas Teknik dengan prodi lainnya. Di dalam kompetensi itu, setiap mahasiswa harus memiliki inovasi. Selain itu memiliki cirinya kreatif, kritis, dan mampu kolaborasi.

Menyangkut Literasi, kata Mukhtar, mahasiswa juga harus mampu membuka wawasan seluas-luasnya serta menambah keilmuannya.

“Bila memiliki wawasan dan keilmuan yang bagus, mahasiswa tersebut nantinya setelah bermasyarakat, lebih bijaksana dalam bertindak. Maka, sy mengharapkan mahasiswa yang ada sekarang harus memiliki daya saing untuk masa depan yang sejahtera dunia akhirat,” tegasnya.

Selanjutnya, Ketua Prodi Elektro FT UMI, DR. Ir. H. Arif Jaya, MT, menyampaikan, kini Prodi Elektro UMI telah melahirkan 3.000-an alumni, dari 14.000-an alumni FT UMI.

Selanjutnya disampaikan, di jaman sekarang, setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan bersaing di bidang ilmu pengetahuan, memiliki leadership, dan senantiasa membudayakan membaca literatur sesuai bidang akademiknya.

“Jadi mahasiswa harus mampu berfikir kreatif dan mampu berkreasi, dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang elektro. Dan selalu menanamkan pada diri masing-masing mahasiswa untuk serius menuntut ilmu serta menguasai ilmu sesuai visi dan misi UMI,” paparnya. (zl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait