Delapan Kab/Kota Titik Rawan Pada Pilkada Serentak di Aceh

  • Whatsapp

ACEH, Beritalima.com-Delapan kabupaten kota di aceh rawan pada pilkada serentak di provinsi aceh, hal tersebut disampaiakan Kapolda Aceh  Brigjen  Rio S. Djambak,  pada Acara gelar pasukan Operasi Mantap Praja Rencong 2017 di halaman Mapolda Aceh, Rabu-27-10-2016.

Menurutnya, Kehidupan demokrasi di indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan secara bebas.

Pilkada serentak 2017 adalah bagian dari kebebasan masyarakat Aceh untuk memilih kepala pemerintahan tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari pihak manapun, sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan pilkada dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan berkaca pada pelaksanaan pilkada serentak tahun 2012 yang lalu, dimana masih terjadi kerusuhan sosial seperti pengrusakan kantor kip, pembakaran kantor timses, pelemparan granat ke posko paslon, kampanye hitam disertai isu–isu sara, praktik money politic, maupun intimidasi terhadap penyelenggara dan peserta pilkada.

Sementara itu Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman Juga  menegaskan bahwa kekuatan TNI akan membackup penuh dalam Pilkada ini, sesuai permintaan dan kebutuhan Polda Aceh.

Pangdam menambahkan tidak ada kekuatan Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari luar daerah untuk TNI, cukup mengandalkan Satuan Tempur (Satpur) dan Bantuan Tempur (Banpur) yang ada di jajaran Kodam Iskandar Muda, tapi yang diutamakan Satuan Komando Wilayah (Satkowil) yakni Korem dan Kodim.

Yang pasti, kita TNI, sudah menyusun kesiapan pasukan yang ada di wilayah, yakni di 20 wilayah yang melaksanakan Pilkada,” kata Pangdam.

Pangdam berharap dengan adanya kerjasama TNI/Polri dan unsur pemerintah, tidak ada lagi gangguan seperti intimidasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat nyaman dan tidak merasa takut untuk memilih pemimpinnya, Tegas Tatang Sulaiman,’’(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *