Desa Rahayu Kec. Soko Gelar “ Sedekah Bumi “

  • Whatsapp

Tuban ( 19/10 ). Desa Rahayu Kec. Soko Kab. Tuban yang merupakan wilayah teritorial Koramil 07/Soko, Kodim 0811/Tuban, mengelar acara tradisi “ Sedekah Bumi “, yang dimaksudkan sebagai wujud rasa Syukur masyarakat kepada Sang Pencipta, seraya memohon keselamatan dan kelancaran pada setiap kegiatan terutama yang berkaitan dengan pencarian nafkah warga.

Bak kata pepatah, “Dimana Bumi dipijak, disitu langit dijunjung“, dan pepatah tersebut tentunya sangat erat hubungannya dengan tradisi suatu daerah, acara pada Selasa 18 oktober 2016 tersebut tentu saja mengundang kehadiran Sertu Suhadi selaku Babinsa Desa itu sebagai wujud rasa tanggung jawab atas segala kondisi sosial yang berkembang di Desa tersebut.
Ritual Sedekah Bumi yang dilaksanakan masyarakat bertujuan untuk meminta Keselamatan, Rejeki dan Kesehatan seluruh warga serta agar diberikan kelancaran, kesuksesan dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Sertu Suhadi yang mendapat kehormatan oleh warga setempat untuk bersama-sama masyarakat menghadiri dan menyaksikan ritual yang dikemas dalam bentuk Pengajian Umum, Do’a Bersama, Pertunjukan Wayang Kulit serta Langen Tayub yang menjadi ciri khas masyarakat Tuban yang terkenal julukan “Bumi Wali” seperti layaknya tradisi yang digelar warga di tempat lain.
Ia mengatakan bahwa,kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun dan rutin dilaksanakan setiap 1 tahun sekali, yaitu pada bulan suro dalam perhitungan tahun Islam/Hijriyah. “Kegiatan ini bertujuan meminta Ridho Tuhan YME bagi seluruh warga Desa Rahayu,” katanya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Soko Drs. Muji Slamet, MBA, Danramil 0811/07 yang di wakili Batituud Pelda Maslekan, Kapolsek Soko yang di wakili Waka Ipda Gunadi, Babinsa Desa Rahayu Sertu Suhadi, Babinkamtibmas Desa Rahayu Brigadir Alfafin, Kepala Desa Rahayu Sukisno beserta Perangkat, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda Desa Rahayu serta ratusan warga Desa Rahayu.(Pen).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *