beritalima.com

Diduga Rebutan Hak Waris, Kakak Tega Rusak Tanaman Padi Milik Adiknya

  • Whatsapp

SITUBONDO,beritalima.comĀ – Diduga rebutan Hak waris seorang kakak bersama suaminya tega merusak tanaman padi milik adiknya yang baru sehari ditanami padi. Senin (6/4/2020).

beritalima.com

Peristiwa tersebut terjadi pada senin siang 6 – 4 – 2020 di areal persawahan didusun Tanjung Sari timur kecamatan Mangaran Situbondo, terlihat pasangan suami istri Ramsi dan Suhatima yang tinggal di desa Pokaan, Kecamatan kapongan terus menginjak tanaman padi walau terus dicegah oleh adiknya M.Matjo, namun pasangan suami istri tersebut tak terus merusak tanaman padi dengan cara di injak – injak.

Suhatima mengaku, tanah sawah tersebut warisan dari ayahnya, sebelumnya sempat digadaikan kepada adiknya ( satu ayah lain ibu) selama sepuluh kali tanam padi, setelah akan di tebus Matjo tidak mau bahkan tetap di tanami padi sehingga dirinya nekat merusaknya.

“Betul saya memang pernah mengadaikan sawah ini tapi setelah akan ditebus Matjo tidak mau, ini adalah hak saya dan bersertifikat atas nama saya, sawah ini warisan dari ayah diberikan kepada saya,” Ucapnya berapi – api.

Dilain pihak sang adik Mohammad Matjo petani asal duaun Krajan desa Tanjung Glugur tak kuasa mencegah perbuatan kakak dan suaminya, menurutnya sawah tersebut memang pemberian ayahnya almarhum untuk dirinya bukan untuk kakaknya.

“Peninggalan Bapak itu ada 6 petak sawah, sebelah barat untuk kakak Suhatima sementara sebelah timur diberikan ke saya, sedangkan sertifikat yang diakuinya andaipun ada itu palsu, karena saya sebagai penerima hak waris dari ayah ternyata dihilangkan,” jelasnya.

M.Matjo mengaku heran, saat kejadian siang ini ada aparat kepolisian berada dilokasi namun aparat tersebut malah membiarkan tanaman padinya di rusak oleh kakaknya.

“Rabu besok telah disepakati ada mediasi lanjutan, tapi yang saya heran kenapa APH tadi diam saja saat tanaman padi saya dirusak, seharusnya dicegah malah tadi pak polisi disini menonton langsung pergi ada apa? tolonglah penegak hukum agar netral dalam kasus ini,”Papar Matjo penuh harap.

Kapolsek mangaran yang akan dikonfirmasi oleh awak media seputar perselisihan dan pengrusakan yang terjadi, sedang tidak berada ditempat karena sedang tugas di luar kantor. (Joe)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait