Diikuti 180 pecatur, Percasi Surabaya Gelar Kejuaraan Catur

  • Whatsapp

Surabaya, beritalima.com – Sekitar 180 pecatur yang ada di Kota Surabaya ramaikan Kejuaraan Percasi II yang digelar di Balai Pemuda Surabaya Minggu (21/11/2021). Peserta kejuaraan ini terbagi dalam kategori SD dan SMP serta senior dan menggunakan sistem swis 5 dan 7 babak.

Pengkot Percasi Surabaya mengadakan turnamen catur yang bertemakan”Saatnya Pion Melangkah Lagi” ini bertujuan menelurkan kembali atlet-atlet catur pemula yang mampu berprestasi di kancah nasional.

Budi Leksono selaku Ketua Pengkot Percasi Surabaya, menaruh keprihatinan atas kurangnya pecatur pemula di Kota Surabaya saat ini. Gelaran turnamen catur kategori SD dan SMP bertujuan untuk memancing dan mencari bibit-bibit pecatur pemula yang handal dan berbakat.

“Saat ini pecatur-pecatur muda Kota Pahlawan ini terbilang minim dibandingkan daerah-daerah lain. Dan kota Surabaya mulai tertinggal dari segi prestasi karena banyak diantaranya telah naik kasta ke senior,” terangnya.

“Namun karena masih suasana pandemi Covid-19, sehingga minat anak-anak jadi kurang. Tapi antusias mereka yang ingin tanding luar biasa,” ucapnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bulek ini mengatakan, para peserta yang nantinya mampu menjuarai turnamen ini akan dirangking sesuai usianya. Dan selanjutnya akan dibina oleh Pengkot Percasi Surabaya kedalam pemusatan latihan cabang (Puslatcab) di bawah naungan KONI dan Dispora Surabaya.

“Catur ini olahraga rakyat, olahraga asah otak yang sebenarnya mencerdaskan. Tapi mungkin karena reward (penghargaan) atau perhatiannya beda dengan cabang olahraga lain, maka peminatnya minim,” imbuhnya.

Sementara Ketua KONI Surabaya, Hoslih Abdullah mengapresiasi langkah Percasi Surabaya yang luar biasa mengadakan turnamen catur untuk pembibitan dan pembinaan.

“Turnamen catur yang digelar Pengkot Percasi Surabaya ini mudah-mudahan dapat memacu dan memotivasi cabor lainnya. Untuk mengikuti langkah percasi dalam persiapannya menuju Porprov 2022 yang rencananya digelar di Probolinggo, Situbondo, Lumajang dan Jember,” tuturnya.

Sementara itu Kasi Olahraga Prestasi Dispora Surabaya, Gloria Puspa Cendana berharap kondisi pandemi Covid-19 ke depan semakin membaik. Sehingga semua geliat olahraga di Kota Surabaya bisa bangkit kembali untuk meraih prestasi terbaik dan mempertahankan juara umum Porprov mendatang.

“Kita berharap agar geliat olahraga di Kota Surabaya tercinta ini kembali bersemi. Kami juga berharap semoga bisa melahirkan atlet-atlet muda berbakat untuk regenerasi. Sehingga kesinambungan prestasi bisa terjaga dengan baik,” pungkas Gloria. (rd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait