Dikelola KAI Commuter, Tren Pengguna KA Lokal Ada Peningkatan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sejak 1 April 2022 KAI Commuter mengelola operasional pelayanan perjalanan KA Lokal di beberapa wilayah, salah satunya di wilayah Daerah Operasi 8 Surabaya dan sekitarnya.

Ada sebanyak 60 pelayanan perjalanan KA Lokal yang dikelola oleh KAI Commuter di wilayah Daop 8. Di antaranya, KA Ekonomi Lokal Surabaya Pasar Turi – Cepu, KA Ekonomi Lokal Surabaya Pasar Turi – Kertosono, dan KA Dhoho Surabaya – Blitar lewat Kertosono.

Selain itu juga KA Penataran Surabaya – Blitar lewat Malang, KA Komuter Jenggala Surabaya – Mojokerto, KA Komuter Surabaya – Indro, KA Tumapel Surabaya – Malang, KA Komuter Surabaya – Lamongan, dan KA Komuter Surabaya – Pasuruan.

Sebagaimana yang dirilis VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (10/8/2022), pada awal pengoperasian hingga Juli 2022 total volume pengguna KA Lokal di wilayah 8 Surabaya tercatat sebanyak 3.519.126 orang. Sedangkan pada April 2022 sebanyak 617.706 orang atau rata-rata 20.590 orang tiap hari.

Data tersebut jika dibandingkan dengan total volume pada Juli 2022 terjadi tren kenaikan sebesar 68%, atau sejumlah 1.040.302 orang dengan rata-rata 33.558 orang per hari.

KA Dhoho – Penataran dan KA Panataran – Dhoho merupakan KA dengan volume pengguna terbanyak. Pada Juli kemarin volume pengguna masing-masing tercatat sebanyak 236.401 orang dan 238.628 orang.

Disampaikan pula, untuk naik KA Lokal saat ini KAI Commuter memberlakukan syarat sesuai Surat Edaran Kemenhub No.72 Tahun 2022, di antaranya harus sudah vaksin minimal dosis pertama. Jika tidak atau belum vaksin wajib menunjukan surat keterangan dari dokter RS Pemerintah.

Juga disebutkan, untuk pemesanan dan pembelian tiket KA Lokal dapat dilakukan melalui Aplikasi KAI Access tujuh hari sebelum pemberangkatan dengan memasukan data sesuai identitas diri.

Sedangkan untuk pembelian tiket KA Lokal secara langsung hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

Sebelum naik KA Lokal wajib melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk pemeriksaan persyaratan sekaligus validasi data vaksinasi.

Anne mengatakan, dalam hal standar layanan kepada pengguna KA Lokal, KAI Commuter akan memberikan standar layanan yang sama dengan layanan KRL Commuterline.

“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir,” kata Anne Purba. (Gan)

Teks Foto: Salah satu KA Lokal

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait