Direktur BPJS Kesehatan Temui Wakapolda Jatim, Bahas Pelaksanaan Inpres No.1/2022

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menyambut baik kunjungan Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Mundiharno di Mapolda Jatim, Kamis (28/7/2022).

Wakapolda mengatakan, saat ini tanggung jawab anggota kepolisian sangat besar ketika menjalankan tugas dan melayani masyarakat. Kondisi ini membuat anggota kepolisian sangat rentan tertimpa masalah kesehatan karena tuntutan pekerjaan. Hal inilah yang membuatnya mengapresiasi program jaminan kesehatan, sehingga jajarannya mampu bekerja dengan tenang.

“Kami sangat bangga dan berterimakasih Pak Direktur dapat hadir di sini. Mudah-mudahan ini dapat menjadi hal yang positif bagi Polda Jatim. Semoga dengan kunjungan dari Direktur BPJS Kesehatan bisa menghadirkan sesuatu bagi Polda dan masyarakat Jatim,” ucapnya.

Mundiharno mengatakan, kunjungannya ke Polda Jatim kali ini juga membahas terkait tindak lanjut dan pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Menurutnya peran kepolisian dalam penerapan Inpres ini cukup besar terutama untuk mendongkrak jumlah kepesertaan masyarakat pada program JKN.

“Karena program Jaminan Kesehatan menjadi program prioritas Presiden, tiap tiga bulan kami menyampaikan laporan progres penerapan Inpres ini ke Kantor Staf Presiden. Melalui Inpres ini Presiden menginginkan agar BPJS Kesehatan dan lembaga serta kementerian lainnya ikut memastikan seluruh penduduk Indonesia jadi peserta JKN,” ujarnya.

Dalam upaya penegakan hukum terhadap pemberi kerja selain penyelenggara negara yang belum melaksanakan kepatuhan pembayaran iuran Program JKN, Mundiharno mengharapkan kerjasama kepolisian untuk membantu BPJS Kesehatan menggunakan pendekatan restorative justice.

Pendekatan tersebut menitikberatkan pada kondisi terciptanya win-win solution. Pemberi kerja yang terindikasi tidak patuh dalam pembayaran iuran akan dilakukan pemanggilan dan dimediasi untuk penyelesaian kewajibannya.

“Polda yang sudah menjalankan kebijakan tersebut memberikan dampak peningkatan kepatuhan Badan Usaha. Untuk mencapai ini dukungan dari seluruh jajaran polri sangat diharapkan. Pulau Jawa yang penduduk dan pekerja sektor formalnya banyak adalah yang menjadi prioritas dari program restorative justice ini,” pungkas Mundiharno. (Gan)

Teks Foto: Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat menerima kunjungan Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Mundiharno di Mapolda Jatim, Kamis (28/7/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait