Disdikbud Jombang Undang 84 Kepala Sekolah Ikuti Sosialisasi Akreditasi SD

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sedikitnya 84 Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta mengikuti sosialisasi Akreditasi Sekolah Dasar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, pada Rabu lalu, (7/4/2021) di Aula 2 Gedung Disdikbud Jombang.

Kasmuji Raharja, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdikbud Jombang mengatakan, Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab keberhasilan akreditasi harus memahami 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Isi, Proses, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian.

“Kepala sekolah harusnya sudah siap untuk akreditasi, karena sudah sering akreditasi dan penilaian-penilaian yang lain,” ucap Kasmuji biasa dipanggil Jojo.

Lebih lanjut diungkapkan salah satu narasumber dari Sosialisasi Akreditasi SD, menyatakan bahwa panduan akreditasi tahun 2021 menurut informasinya belum keluar. Namun kata Rahayu Setyawati, Disdikbud Jombang masih merujuk pada panduan tahun lalu, yaitu tahun 2020 dilaksanakan secara online ayau daring.

Ditegaskan Rahayu, untuk mengantisipasi penilaian akreditasi tahun 2021 diperkirakan masih menggunakan sistim daring, bahkan ia menghimbau agar sekolah (SD) mempersiapkan jaringan internet yang memadai.

“Siapkan Instrumen Akreditasi dan Dapodik (Data Pokok Pendidikan), karena nilai akreditasi juga diambil dari Dapodik,” ucap Rahayu.

Reporter : Dedy Mulyadi

Pos terkait