Diskominfo Jember Sosialisasi SIPD E-Walidata Menuju Satu Data Indonesia 

  • Whatsapp
Sosialisasi SIPD E-Walidata di Aula Hotel Rembangan Jember (beritalima.com/istimewa)
Sosialisasi SIPD E-Walidata di Aula Hotel Rembangan Jember (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Jember menggelar sosialisasi SIPD E-Walidata.

SIPD E-Walidata ialah Sistem Informasi Pemerintah Daerah mengumpulkan, memeriksa kesesuaian data dan mengelola data yang disampaikan, sebagai wujud dan upaya merelisasikan satu data Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan sosialisasi tersebut, dibuka oleh Sekretaris Diskominfo Hery Listiantoro di Aula Hotel Rembangan Jember, Senin (20/2/2023).

Hery menyampaikan, satu data Kabupaten Jember harus segera terealisasikan, untuk mewujudkan satu kesatuan satu data Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian yang dilakukan sebelumnya. Adapun hasil dan progrea, pemenuhan data dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah dikumpulkan.

Kedua, standarisasi metadata dari tiap OPD yang digunakan sebagai salah satu tools assesment apabila OPD tersebut membuat kebijakan.

Ketiga, disepakatinya standarisasi/metadata dan seluruh OPD yang dituangkan dalam berita acara hasil verifikasi final data Tahun 2023 yang ditandatangani Kepala OPD, Kepala Diskominfo, Kepala Bappeda dan Kepala BPS.

Keempat, menjadikan data sebagai salah satu indikator dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pemerintahan.

Hery juga berharap, hasil dari rapat koordinasi pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar serta bermanfaat untuk menjadikan Kabupaten Jember yang lebih maju.

Hery berpesan kepada seluruh peserta, untuk mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri.

Kegiatan dimulai dengan paparan Progres Satu Data Kabupaten Jember, Sosialisasi dan Bimtek SIPD E-Walidata.

Selain itu juga, training inputing data sektoral pada aplikasi romantik dan evaluasi data publikasi Kabupaten Jember dalam Angka Tahun 2022 oleh BPS. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait