Ditemukan Situs Purbakala Berupa Kolam Pemandian di Tajinan

  • Whatsapp

Malangkabupaten, beritalimacom— Situs purbakala yang diyakini sebagai kolam pemandian di zaman kerajaan ditemukan di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Selasa (25/4/2017).

Menurut Ahmad salah satu warga sekitar bahwa situs itu ditemukan saat tertutup rimbun rerumputan di antara sungai dan saluran irigasi, ada empat titik situs yang ditemukan. Semuanya diyakini sebagai petirtaan yang saling berhubungan.

“Disampingnya terdapat arca ganesha, siwa, wisnu, berjumlah sembilan arca, namun situs lainnya berdinding datar dengan sejumlah ukiran,” katanya Selasa 25/04.

Sebenarnya situs tersebut sudah lama ditemukan dan sayangnya, tidak ada yang kepedulian terhadap keberadaan situs itu, sehingga membuat situs purbakala itu tertimbun oleh rerumputan.

“Diatas masing-masing situs yang ditemukan terdapat pancuran air yang menunjukkan bahwa bangunan itu merupakan bekas kolam permandian, sejak dulu warga sering main main di sini,” katanya.

Penemuan situs tersebut juga sempat diunggah di beberapa komunitas medsos di facebook, dan mempunyai respon positif dari warga di Malang, hingga ia berinisiatif untuk mencari situs itu dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

“Awalnya iseng saja. Terus oleh teman-teman, ayo dipedulikan. Siapa tahu ada yang peduli ke sini,” tukasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *