Dokter, Bersin Itu Apa Allergi ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Bu Sukarning suatu kebiasaan assl bangun pagi,selau bersin tak brrhenti, hidung ssmpai keluar lendir putih, setelah 30 menit lamanya ,wahing itu berhenti dan kembali normal, lain dengan Pak Ferry sehari bisa 2-3 kali berdin tak berhenti
Dia harus minum obat Sanaflu kondisi jadi reda nafaspun plong,Dari kejadian ini kita mengambil kesimpulan bahwa kondisi influensa dan bersin bukan merupakan hal mudah walaupun kelihatan sepele tapi menyebalkan!

Pilek sebenarnya adalah kondisi yang umum terjadi. Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala, seperti keluar ingus secara terus-menerus dari hidung, sering bersin, batuk, dan pernapasan tidak lancar alias hidung tersumbat. Kondisi ini juga bisa menyebabkan seseorang merasa tidak enak badan dan mengalami suara serak.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan, umumnya bersifat ringan. Infeksi bisa terjadi pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas. Semua orang bisa mengalami pilek, tetap ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit ini. Apa saja? Hampir semua orang pernah mengalami pilek. Saat pilek, hidung akan berair, tersumbat, atau terasa gatal hingga bersin-bersin. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang paling sering adalah alergi dan infeksi virus. Simak penjelasan berikut ini tentang perbedaan antara pilek alergi dan pilek karena infeksi.Pilek, atau dalam istilah medis disebut rinitis, merupakan tanda adanya peradangan pada hidung. Proses peradangan ini berfungsi untuk melawan organisme, seperti bakteri dan virus; atau benda asing, seperti debu, bulu hewan, dan asap rokok.

PENYEBAB INFLUENSA
1.Masalah Imun
2.Alergi
3.Kondisi Udara
4.Makanan Pedas
5.Konsumsi Obat Tertentu
6.Gangguan Hormon
Pilek kebanyakan hanya berlangsung beberapa hari. Namun pada kondisi tertentu, pilek dapat berlangsung hingga beberapa minggu, bahkan beberapa bulan.Seseorang dapat terkena pilek karena infeksi bila berdekatan dengan orang yang sedang menderita kondisi ini. Gejala pada pilek infeksi biasanya akan muncul dalam waktu beberapa hari setelah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh.

Perbedaan utama dari pilek alergi dan pilek karena infeksi terdapat pada faktor penyebabnya. Pilek alergi terjadi karena penderita mengalami reaksi alergi terhadap zat pemicu alergi (alergen), seperti debu, kutu, jamur, bulu atau kotoran hewan, parfum, asap rokok atau kendaraan, serta cuaca dingin. Sedangkan pada pilek karena infeksi, penyebab yang paling sering adalah virus.

GEJALA PILEK ALLERGI ;
1. Hidung tersumbat.
2. Hidung berair (meler) dengan warna lendir jernih atau keputihan.
3. Bersin-bersin.
4. Mata merah, berair, dan gata

GEJALA PILEK INFEKSI
1. Hidung berair dengan warna ingus keputihan( disebabkan oleh viru warna kekuningan dan hijau oleh bakteri.)
2. Sakit kepala.
3. Nyeri tenggorokan.
4. Batuk. & Demam atau meriang.
5. Nyeri otot di seluruh tubuh.

Pilek ditandai dengan gejala utama keluar cairan atau lendir ingus dari hidung. Selain gejala utama tersebut, pilek juga bisa menyebabkan gejala lain, seperti sakit kepala, demam, kemampuan penciuman dan pengecapan menurun, tenggorokan terasa gatal, nyeri pada tenggorokan, mata berair, dan rasa tertekan pada wajah dan telinga. Orang yang terinfeksi virus pilek biasanya juga akan mengalami gejala berupa nyeri pada telinga, mudah lelah, hilang nafsu makan, serta nyeri otot.
Pilek biasanya akan hilang sekitar 14 hari, baik dengan atau tanpa pengobatan. Namun, jika pilek tidak hilang lebih dari 2 minggu atau bahkan hingga bertahun-tahun, bisa jadi disebabkan oleh kondisi medis lain yang sebaiknya tidak dianggap remeh.
PENYEBAB PILEK MENAHUN
1. Alergi
2. Sinusitis
3. Polip hidung
Langkah Pencegahan Pilek Alergi dan Pilek karena Infeks
1. Mengetahui faktor pemicu alergi dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan alergen tersebut.
2. Jangan mengucek-ucek hidung karena berisiko menimbulkan luka dan infeksi.
3. Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun.
4. Menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kualitas udara agar selalu bersih.
5. Mengenakan masker saat bepergian atau saat ada orang yang sedang sakit di rumah atau kantor.
6. Beristirahat dengan cukup.
7. Menjauhi asap rokok.
==============
RHINITIS VASOMOTOR
Ada juga dikenal sejenis Rhinitis vasomotor,Rhinitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput hidung. Rhinitis terbagi menjadi rhinitis yang disebabkan oleh alergen dan rhinitis yang bukan disebabkan oleh alergen atau rhinitis vasomotor. Bila rhinitis alergi disebabkan oleh alergen, lalu apa yang menyebabkan rhinitis vasomotor?
Rhinitis vasomotor atau disebut juga dengan rhinitis non-alergi adalah peradangan pada selaput hidung yang gejalanya meliputi bersin-bersin kronis atau hidung tersumbat, atau mengeluarkan ingus tanpa penyebab pasti.
Rhinitis ini sering terjadi pada orang dewasa setelah usia 20 tahun. Wanita memiliki risiko dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan pria.
Penyebab pasti dari rhinitis vasomotor belum diketahui. Namun, kondisi ini terjadi saat pembuluh darah di hidung melebar sehingga menyebabkan pembengkakan. Pelebaran pembuluh dari di hidung juga menghasilkan darah atau cairan pada hidung, sehingga hidung menjadi mampet.

PENYEBAB:
1. Iritasi dari lingkungan
2. Obat-obatan
3. Makanan dan minuman
4. Perubahan cuaca
5. Perubahan hormon

GEJALA RHINIIS VASOMOTOR
Gejala rhinitis non-alergi mungkin akan hilang dan muncul sepanjang tahun. Gejala hanya menetap selama beberapa minggu. Gejala umum yang mungkin terjadi antara lain hidung mampet, hidung meler, bersin, adanya dahak di tenggorokan, dan batuk.

PENCEGAHAN:
Pencegahan rhinitis non-alergi dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab dan pemicunya. Hindari pemicu-pemicu yang bisa menyebabkan kondisi ini.Mengurangi penggunaan dekongestan hidung juga dapat mencegah kondisi ini. Meskipun obat ini dapat memberikan pengobatan jangka pendek untuk gejala Anda, menggunakannya selama lebih dari tiga atau empat hari justru bisa memperburuk gejala Anda.
Demikian ulasan singkat dan padat tentang penyakit influensa dan pilek yang sering kali diderira setiap orsng, sem9ga bisa membantu bagaimana pola pencegahan dan pengobatan.
RobertoNews 1613《27.10.22(07.20)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait