VERTIGO, Apa Itu Bahaya ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Kami sedang berbincang dengan sahabat kami bu Atik bhawa sudah lama Bu Effendi tak muncul ke Mall bareng karena sakit vertiga dan duduk manis di rumah,sedang Bu Yetty lebih parah lagi , sejak sakit vertiga badan berputar putar dan kepala oyong suka jatuh maka juga tak berani keluar rumah jauh, begitu Bu Linda dikantor selalu keluh vertigo muntah air liur mata berkunang kunang lain dengan bu Aminah asal naik mobil muntah terasa kepala muyeng berat belum lagi pembantu Bu Ati yang bernama Satiyem asal bangun kepala berputar terus dan pasti muntah, setelah tidur sejenak baru kembali normal, Apa yang disebut vertigo ?dan bagaimana penangannya !

Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya merasakan tubuhnya tidak seimbang dan sekelilingnya seolah berputar.Vertigo bisa dialami semua orang. Namun, umumnya pengidap vertigo adalah kalangan orang lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun, penyebab vertigo bisa berasal dari gangguan telinga bagian dalam, otak, atau masalah saraf sensorik.Vertigo bisa bersifat sementara, menetap, atau kambuhan.

Vertigo adalah rasa berputar dan pusing saat seseorang berdiri atau bahkan duduk. Kondisi ini biasanya menandakan adanya gangguan keseimbangan. Banyak yang menganggapnya sebagai rasa pusing biasa, meskipun seseorang dengan vertigo seringkali merasa hampir pingsan. Cara terbaik untuk menggambarkan vertigo adalah dengan memutar tubuh Anda beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan.

GEJALA VERTIGO
1. Berkeringat
2. Sakit kepala
3. Ingin mual dan muntah
4. Telinga berdengung atau tinitus
5. Merasa pusing setiap bangun tidur
6. Merasa bahwa Anda akan terjatuh
7. Aura (tergantung pada penglihatan
8. Telinga terasa penuh atau bergemuruh
9. Merasa bahwa lingkungan di sekitar Anda tengah berputar
10. Mengalami pusing setiap kali Anda menggerakkan kepala Anda
11. Bola mata bergerak tak terkendali, biasanya dari satu sisi ke sisi lainnya
12. Pusing sampai ruangan atau lingkungan sekitarnya terasa berputar-putar

PENYEBAB :
1. Vertigo samping ( saraf tepi)
2. Vertigo pusat meliputi cedera, luka trauma, dan gangguan kesehatan lainnya .

VERTIGO SARAF TEPI TERDIRI DARI :
A. Sindrom Meniere,
B. vertigo posisi paroksismal jinak (Benign Paroxysmal Vertigo – BBPV),
C. Serangan vertigo akibat peradangan saraf menuju saluran setengah lingkaran pada telinga (kanalis semisirkularis)
D. Neuritis vestibular.

Jenis yang disebutkan terakhir seringkali dihubungkan dengan keseimbangan karena saraf berbeda yang terhubung dari otak ke sistem keseimbangan atau vestibular, termasuk saraf yang terhubung dengan mata. Sistem vestibular tersebut terkadang rusak atau terinfeksi virus (neuritis vestibular). Beberapa kristal juga dapat terbentuk, keluar dengan cairan telinga, dan menyebabkan rasa pusing (BBPV). Sindrom Meniere, di pihak lain, seringkali dihubungkan dengan kehilangan pendengaran dan rasa pusing, meskipun penyebab yang sebenarnya masih belum diketahui.

FAKTOR PENCETUS VERTIGO :
1. Penuaan: Semakin tua
2. Sakit Kepala Sebelah (Migrain):
3. Obat-obatan

Serangan vertigo bisa memicu sakit kepala, tubuh terasa limbung, dan lingkungan sekitar seakan berputar-putar(Thinkstock)penyebab vertigo yang utama adalah masalah di telinga bagian dalam atau sistem saraf pusat.
Beberapa kondisi juga bisa memicu vertigo di antaranya infeksi telinga, radang saraf vestibular, kolesteatoma, penyakit ménière, dan vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV).Selain itu, vertigo juga bisa terjadi karena sakit kepala, cedera kepala, efek operasi telinga, herpes di telinga, stroke ringan, efek samping obat, sampai terlalu lama berbaring.
Kebanyakan vertigo bisa sembuh dengan sendirinya. Hal ini disebabkan otak penderita mampu beradaptasi dengan perubahan telinga bagian dalam dan bisa mengatur keseimbangan.
TERAPI SUPPORTIF :
1. Rehabilitasi vestibular
2. Terapi manuver reposisi canalith
3. Operasi

SOLUSI VERTIGO :
1. Mengurangi konsumsi [alkohol[(/id/info/condition/pecandu-alkohol)
2. Penanganan stres
3. Rehabilitasi sistem keseimbangan tubuh atau vestibular
4. Obat-obatan seperti proklorperazin
5. Periksa ke Otologi ( cabangdatu ahlo THT (bagian telinga )
Sebab itu kami himbau penderita vertiga harus rajin berobat kedokter THT jangan dianggap remeh karena vertigo itu bahaya bila anda sedang mengendari mobil bisa terjadi tabrakan. Semoga kita semua sehat jasmaniah dan rohaniah.
RobertoNews 1798《13.5.24 (08.00 )》
• Praktisi Dokter & penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait