Manfaat Madu Tehadap Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr Robert Arjuna FEAS*
Dewasa ini, iklan TV Nasional menampilkan Madu TJ,Madu hitam, Madu hutan bertubi tubi untuk menarik pemirsa membeli produk mereka masing masing bahkan Madu bisa dibeli di pasaran tradisionil Mall ,Toko Obat, Apotek dll, Tahukah anda madu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi banyak penderita diabetes bertanya apa mereka bisa minum madu ?

Semua orang tahu bahwa madu dihasilkan oleh lebah,Lebah berwarna kuning hitam (yellow black) ini meskipun berukuran kecil sekitar 0,3 – 2,5 cm namun sangat bermanfaat bagi manusia dan tumbuh-tumbuhan.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami yang membantu melawan infeksi. Kandungan antioksidan dan sifat antibakteri dalam madu membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh, termasuk sel darah putih, yang penting dalam melawan infeksi.
Manfaat lebah bagi manusia menghasilkan
A. Madu
B. Bee Pollen
C. Royal Jelly
D. Lilin Lebah (Malam / Beeswax)
E. Propolis (Bee Glue)
F. Apitoxin (Bee Venom / Sengat Lebah)
Semuanya bermanfaat bagi kesehatan kita

APA MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN:
1. Sumber energi
2. Antibiotik n Antioksidan
3. Sumber vitamin dan mineral
4. Menurunkan berat badan
5. Memperlancar buang air kecil
6. Masker wajah, pelembab bibir n kulit.
7. Membersihkan kotoran pada usus,
8. Membersihkan pembuluh darah
9. Membersihkan dan menjaga liver
10. Menghilangkan ketombe
11. Memutihkan gigi
12. Dan lain-lain

MANFAAT MADU BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS
Menjalani profesi medis selalu mendapat pertanyaan sbb :”Dok, apa boleh saya minun madu? Apakah gula saya bisa tambah parah? “Apa benar madu berkhasiat untuk mempercepat luka kaki Diabetes?”

Dalam benak hati anda, madu dapat membahayakan penderita Diabetes, karena memiliki rasa manis seperti gula, penilaian itu adalah keliru! Madu sangat membantu dalam mengendalikan gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengingat rasanya yang manis, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa madu tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, namun bila di lihat dari kandungan nutrisi yang dimiliki madu, ternyata madu terbukti memiliki rendah kalori yang berarti baik untuk penderita diabetes.
Tidak jarang, madu digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula pasir sehingga gula darah penderita diabetes tetap terkendali. Namun, harus anda ketahui juga madu saat ini telah banyak yang sudah diolah dengan ditambah pengawet, pemanis buatan, dsb. Hal tersebut dapat mengurangi manfaatnya, terutama ketika digunakan sebagai pemanis untuk penderita diabetes.Untuk itu, anda diminta untuk selektif dalam membeli madu di pasaran.
Dengan demikian, sangat disarankan untuk memilih madu yang masih asli (raw honey) atau yang belum diolah, demi menghindari dampak negatif dari bahan aditif yang digunakan.

Penelitian oleh Waili dkk menunjukkan bahwa pada orang sehat,ternyata gula biasa(dekstose) meningkatkan kadar gula plasma 50% pada satu jam 1 dan 3% pada dua jam, sedangkan madu asli meningkatkan kadar glukosa plasma 14% pada satu jam pertama dan 10% pada dua jam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: “Madu hanya meningkatkan sedikit kadar gula darah dibandingkan gula lainnya.”Gula biasa dan madu buatan juga meningkatkan kadar trigliserida,
Madu asli menurunkan Tg meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
Dalam sebuah riset melaporkan Madu yang dikonsumsi selama 25 hari ternyata dapat
1. menurunkan kolesterol total dan
2. menurunkan kolesterol jahat (LDL)
3. meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Pada pasien DM madu asli dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan CRP. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis karena selain lebih baik metabolismenya & dapat meningkatkan kadar insulin dibandingkan sukrosa. Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa madu asli dapat mengurangi kadar glukosa darah dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes sehingga menggantikan pemanis dengan madu mentah (raw honey) memberikan banyak keuntungan.

MANFAAT MADU UNTUK KAKI DIABETIK
Khasiat lain dari kandungan madu yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka diabetes. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang dokter dari Universitas Wisconsin, AS. Bukti tersebut menunjukkan bahwa madu asli dapat menjadi salah satu obat diabetes alami, khususnya dalam mengatasi luka diabetes karena efek antibiotik,antioxidan dan regenerasi pembentukan jaringan baru.

MANFAAT MADU UNTUK WANITA
Madu bisa dikonsumsi untuk menyehatkan organ kewanitaan dan mengurangi masalah umum yang sering dialami saat menstruasi selain untuk solusi cepat hamil juga dapat membantu mengatasi nyeri haid dan keputihan pada wanita. membantu untuk meningkakan kesuburan karena mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan kesuburan:
1. Eugenol yang bisa membantu untuk mengoptimalkan kerja hormon esterogen n androgen
2. Stigmasterol yang dapat membantu menguatkan proses ovulasi (pematangan sel telur)
3. Arginine yang mempunyai fungsi mencegah kemandulan.
4. Atnetol dan Boron yang ada dalam kandungan ekstrak tersebut mempunyai fungsi menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan mampu merangsang kinerja hormon estrogen.
Demikian ulasan singkat ini semoga bermanfaat bagi anda semua
RobertoNews 1797 《12.5.24 (18.33)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait