Dosen FK UNAIR Sebut Tiga Kunci Cegah Stunting

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Mengutip dari berbagai kanal media, baru-baru ini Presiden Joko Widodo menarasikan penurunan angka stunting sebesar 14 persen pada 2024 mendatang. Menanggapi hal itu, Farida Fitriana, S.Keb., Bd., M.Sc Dosen Kebidanan FK UNAIR mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) lewat webinar yang digagas oleh kelompok 149 mahasiswa KKN-BBM UNAIR.

“Bayi lahir di dunia bukan tidak mungkin tanpa proses persalinan, kemudian berlanjut masa bayi. Terhitung 270 hari dalam kandungan dan 730 hari pasca kelahiran itulah yang dinamakan 1000 HPK,” jelas Farida.

“Ini termasuk fase kunci yang perlu diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi gangguan gizi kronik seperti stunting,” imbuhnya.

Mengenal makna stunting lebih jauh, Farida menjelaskan bahwa stunting bagian dari kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan berat dan panjang tubuh yang tidak sesuai standar umur.

“Berat badan bayi yang baru lahir, kurang dari 2500 gram dan panjangnya kurang dari 48 sentimeter, itu perlu diwaspadai sebagai ciri stunting,” ucapnya.

Ia menjelaskan alasan panjang dan berat tubuh saja sangat diperhatikan, karena stunting itu dapat menghambat kecerdasan dan memicu penyakit.

“Stunting berpengaruh pada perkembangan otak dan keberhasilan pendidikan, bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit yang tidak menular, seperti diabetes, stroke, dan jantung,” paparnya.

Untuk menanggulangi dampak dari stunting itu, perlunya intervensi yang berkelanjutan dan komprehensif bagi ibu hamil dan ibu bersalin yakni dengan menyiapkan 1000 HPK, antara lain, Konsumsi Tablet Tambah Darah.

Ia mengatakan 1 dari 3 ibu hamil mengalami anemia dan hal itu bisa menghambat asupan oksigen ke janin sehingga kemungkinan bisa prematur, berat bayi rendah, dan berpotensi stunting.

“Menyiapkan 1000 HPK tidak mahal, remaja putri saat menstruasi dianjurkan minum tablet tambah darah, begitupun dengan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat,” jelas Farida.

Upayakan Jaminan Mutu Antenatal Care

“Pemeriksaan kehamilan dengan medis secara berkala bisa membantu kesehatan mental dan fisik ibu hamil dalam mempersiapkan persalinan, nifas, ASI dan lain sebagainya,” papar dosen FK itu.

Cukupi Kebutuhan Gizi
Farida menyerukan untuk jaga pola hidup dan makanan gizi seimbang terutama bagi calon pengantin perempuan maupun istri yang tengah mempersiapkan kehamilan.

“Ganti makanan cepat saji dengan makanan bernutrisi tinggi seperti sayur-sayuran,” ucapnya.

Sementara itu, untuk pengantin wanita, agar tidak Kekurangan Energi Kronik (KEK) minimal ukuran lingkaran lengannya sebesar 23,5 cm.

Sebagai penutup, Farida berpesan bahwa penyebab stunting itu multifaktor.

“Jangan sampai terjebak dengan kesibukan persiapan pernikahan sehingga menyita perhatian gizi penganten wanita,” tutupnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait