DPR Minta Pemerintah Atasi Harga Kebutuhan Pokok

  • Whatsapp

Jakarta— Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) minta pemerintah segera bertindak mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok yang hingga kini belum menunjukkan adanya penurunan.

”Kita tidak ingin harga ini semakin melonjak dan tidak terkendali, ”kata anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty dalam keterangannya, Selasa (4/1/2022).

Evita mengaku mengamati bahwa harga bahan pokok di awal tahun ini masih mengalami kenaikan, seperti di akhir tahun kemarin.

“Ini harus segera dikendalikan oleh pemerintah, jangan sampai berlama-lama, karena hal itu bisa membuat kesulitan bagi masyarakat,” ungkap Evita.

Evita mengingatkan pemerintah agar jangan sampai tunggu bulan depan atau bulan berikutnyai, tapi sesegera mungkin harus bisa diatasi.

Apalagi kata Evita, Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengingatkan kemungkinan ini sejak akhir tahun kemarin. Dimana masyarakat berpenghasilan kecil, termasuk ibu-ibu rumah tangga sudah mengeluh dan terdampak dari kenaikan harga cabai, telur, minyak goreng, bawang dan lainnya.

“Untuk itu kami mendorong Menteri Perdagangan RI untuk untuk menjamin stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri, termasuk dengan melakukan lagi operasi pasar, sehingga harga-harga tetap terjangkau,” urai politisi PDI-Perjuangan itu.

Lebih lanjut legislator dapil Jawa Tengah III itu juga mendengar kenaikan harga cabe naik lantaran gagal panen akibat pengaruh El Nino. Sementara produksi telur menurun drastis di akhir tahun, kemudian minyak goreng melonjak harganya akibat harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar ekspor sedang tinggi.

“Tapi memang harus dicek dengan baik apa iya hanya karena faktor itu. Kemudian daerah produsen bahan pokok itu kan beda-beda. Jadi memang harus dipastikan bahan pokok itu tersedia apapun alasannya,” tegas Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI itu. (ar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait