DPRD Halbar : Hadapi dampak Covid-19, TAPD agar menyusun program skala prioritas.

  • Whatsapp

JAILOLO, BeritaLima.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dapat menyusun program sesuatu skala prioritas. Karena, rencananya mengalihkan 50 persen anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk penanganan wabah Covid-19.

“Jadi intinya, meminta kepada TAPD untuk menyusun program skalanya prioritas,” ungkap Ketua DPRD Halbar, Charles R. Gustan, Kamis (16/4/2020).

Lanjut Charles, hal itu dilakukan sebagaimana menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan dengan Nomor 119/2813/SJ, Nomor 177/KMK.07/2020 tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 dalam rangka penanganan daya beli masyarakat dan perekonomian Nasional.

“Tadi, pada saat mengikuti Musrenbang RKPD tahun 2021, melalui video telekonfrensi, juga telah menegaskan agar DAK, DAU dan DID dilakukan pemotongan untuk penangan Covid-19,” ujarnya.

Charles juga menegaskan, bahwa dua instansi terkait seperti, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD tertuju untuk penanganan Covid-19. Maka begitu, harus dilengkapi alat kesehatan yang ada di Puskesmas.

“Pada intinya, kami menetujui dan meresponnya,” ketusya.

DPRD berharap Pemkab Halbar segera menyusun grand desain penanganan Covid-19 di Halmahera Barat. Karena, akan menjadi pedoman umum sekaligus petunjuk teknis yang mencakup penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan social safety net/jaring pengaman sosial sebagaimana diatur dalam Instruksi Mendagri Nomor 1 tahun 2020.

“Kita minta dalam proses realisasi dan distribusinya harus efektif,” pintanya.

Disinggung soal penundaan rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan anggaran, Charles mengaku, tetap menunggu sampai TAPD menyiapkan daftar rincian proyeksi anggaran.

Sebab langkah ini dilakukan, kata Charles, sebagai bentuk keberpihakan dewan kepada rakyat. Agar wabah Covid-19 ini bisa cepat selesai dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi pada masyarakat. (Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait