DPW LIRA Papua dan BINDA Papua Gelar Vaksinasi Dan Lomba Yosim Pancar

  • Whatsapp

Jayapura – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lira Provinsi Papua bersama Binda Papua hari ini menggelar Gebyar vaksinasi dan lomba Tari Yosim Pancar Merah Putih menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Acara yang digelar diplataran Kampus Kedokteran Universitas Cenderawasih sejak pagi ini, diikuti sekitar 70 orang peserta vaksinasi dan 10 groub tari Yosim Pancar.

Kabag Ops Binda Papua, Kolonel (Inf) Rahmat Puji Susetyo kepada awak media mengatakan, cakupan vaksinasi di Papua akan terus dikebut untuk meningkatkan heart imunity masyarakat.

“Cakupan vaksinasi di Papua belum maksimal, ditambah angka covid-19 kembali mengalami peningkatan, sehingga kami akan terus melakukan serbuan-serbuan vaksinasi kepada masyarakat. Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melayani vaksinasi baik pertama, kedua maupun Booster,”kata Kolonel (Inf) Ahmdat.

Dijelaskan, jika pelaksanaan vaksinasi dilakukan tidak hanya di Kota Jayapura, namun diseluruh Kabupaten di Provinsi Papua dengan bekerjasama dengan semua pihak. Konsepnya, disetiap kegiatan masyarakat aksi vaksinasi akan dilakukan.

“Jadi seperti pada kegiatan ini, ada lomba Yosim Pancar, atau ada kegiatan masyarakat nah kita sediakan vaksinasi. Ini adalah bukti pelayanan kepada masyarakat, supaya masyarakat tidak susah-susah mencari tempat vaksin, kita sediakan. Harapan kita, masyarakat kita sehat dan heart imunity bisa terwujud. Target capaian vaksinasi harian kita seribu,” jelasnya.

“Mari kita vaksin, karena vaksin itu sehat, supaya kita segera bangkit dari keterpurukan ini,”pungkasnya.

Sementara, Ketua DPW Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Steve R.A Mara M.Han mengungkap lomba Yosim Pancar (Yospan) Merah Putih yang digelar.

“Kami laksanakan lomba ini selain untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, juga untuk menjaga budaya kita orang Papua, Tari Yospan adalah tari pergaulan kaula muda Papua, sehingga harus terus dilestarikan,”ucapnya.

Dikatakan, sebanyak 10 tim Yospan dengan 12 orang dalam tiap timnya siap berlomba menunjukkan kepiawaiannya dalam menari Yospan di depan dewan juri yang ahli dalam bidang seni tari ini. Tim terbaik akan membawa hadiah uang jutaan rupiah dan piala bergilir.

“Jadi fire play, karena dewan juri yang kompeten siap menilai tim-tim ini. Akan ada tim terbaik yang membawa piala bergilir dan hadiah pembinaan mencapai puluhan juta rupiah,”jelasnya.

Dirinya berharap, dengan perlombaan yang digelar, mampu memupuk jiwa persatuan dan kesatuan dalam kedamaian di Tanah Papua.

“Orang diluar sana hanya tau bahwa Papua adalah tanah konflik, namun dengan ini kita mau sampaikan ke publik bahwa ini Papua tidak semuanyan konflik. Kita bisa berdamai dengan masyarakat lainnya. Dengan lomba-lomba seperti ini, kita sampaikan kepada semua masyarakat bahwa kita cinta damai, mari pupuk Persatuan dan Kesatuan bangsa ini. Selamat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,”tutupnya

beritalima.com

Pos terkait