Dr.Nurlinah Subair, M.Si : Menikah dan Menyusui Mencegah Kanker Payudara

  • Whatsapp

Makassar Cancer Care Community (MC3) kembali menggelar penyuluhan penyadaran kanker payudara pada anggota majelis taklim se Kecamata Rappocini Makassar Minggu (14/8/2016).

Founding Makassar Cancer Care Community ( MC3), Dr.Nurlinah Subair, M.Si, Senin (15/8/2016) mengatakan, kegiatan ini secara rutin dilakukan di semua golongan dan komunitas wanita yang rentan terserang kanker payudara.

Setiap tahun angka penderita kanker payudara semakin meningkat. Angka statistik menunjukkan, sekitar 70 persen penderita kanker itu dari kasus stadium lanjut. Sebaliknya di Jepang hanya 13 persen angkanya tegas salah seorang survivor kanker payudara ini.

Mencegah penyakit ini maka harus menghindari rokok, olah raga teratur serta menikah dan menyusui. banyak makan buah dan sayur, kendalikan stress, kenali riwayat keluarga yang pernah menderita kanker, ungkap Dewan Pengawas RSUD Kota Makassar ini.

“Penyebab penderita kanker payudara terlambat datang ke dokter atau tenaga medis, karena penderita tidak mengerti tentang penyakit kanker, kurang memerhatikan payudara, takut diopersi serta percaya pada obat-obat tradisionil, dukun dan paranormal,” tegas doktor sosiologi pembangunan PPs-UNM ini. ‎

Mendeteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan SADARI ( Periksa Payudara Sendiri), setelah haid hari ke-10, karena 80 persen benjolan dapat diketahui dengan SADARI serta Mammografi dan USG Payudara setahun sekali, tandas Wakil Ketua PKK Kota Makassar ini. (yahya)

Founding Makassar Cancer Care Community ( MC3), Dr.Nurlinah Subair, M.Si sedang membawakan materi. (foto:ist)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *