Drs. Hasanuddin, M.Si: Kesan Universitas Para Guru Bagi UT Sudah Mulai Mengalami Pergeseran

  • Whatsapp

MAKASSAR. Pada kurun waktu yang panjang Universitas Terbuka (UT), masih terkesan kuat dikenal sebagai universitas para guru.

Hal demikian tidak terlepas dari para peminat lanjut kuliah di masa lalu itu, dominan berasal dari para guru guru yang menyebar di seluruh pelosok nusantara.

Beberapa tahun terakhir ini kesan UT sebagai universitas para guru sudah mulai mengalami pergeseran, terbukti dengan begitu banya anak anak milenil memilih lanjut studi perguruan tinggi setelah tamat studi di SLTA.

beritalima.com

Demikian ditegaskan, Direktur UPBJJ-UT Makassar, Drs. Hasanuddin, M.Si, kepada media Jumat (9/4/2021) di Kantor UPBJJ-UT Makassar, Jl. Monginsidi Baru No. 7 Makassar.

Dijelaskan, tahun akademik 2020 dengan jumlah mahasiswa baru sekitar 1300, ada sekitar 70 persen di antara mereka itu sudah bukan lagi dari kalangan para guru, tetapi berasal dari alumni baru SLTA yang langsung lanjut studi perguruan tinggi dan memilih UT.

beritalima.com

Selain itu para mahasiswa sudah mulai banyak dari kalangan non guru termasuk misalnya pegawai instansi lain seperti anggota Polri, tenaga penyuluh KB dan Keluarga, malah ada juga mahasiswa berasal dari kalangan aparat pemerintah desa serta pegawai swasta lainnya, kata sarjana sastra Inggeris Unhas 1991 ini.

Animo masyarakat memilih kuliah di UT termasuk cukup tinggi, terbukti pada semester kurus peminat mencapai 780 orang dan angkat ini malah naik menjadi 200 persen dibanding pada tahun sebelumnya.

Peningkatan jumlah peminat mahasiswa baru tersebut tidak terlepas dari kondisi masa pandemi Covid-19, dengan media pembelajaran menggunakan dalam jaringan (daring) serta jarak perkuliahan yang sudah tidak jadi kendala lagi, tandas magister ilmu komunikasi PPs-Universitas Indonesia Jakarta ini.

Target mahasiswa untuk tahun 2021 direncanakan 2500 orang dan angka itu optimis dapat dicapai dengan melakukan sosialisasi dan promosi lewat media massa dan media sosial serta mengunjungi beberapa stakeholder memperkenalkan dan mengajak para stakeholder itu melanjutkan jenjang pendidiian tinggi di UT, ungkap pria kelahiran Pompanua Bone 1968 ini.

Pada awal tahun 2021 dan suasana masa Covid-19 pihak UT melakukan sosilisasi dan promosi kepada beberapa stakholder dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 .

Lokasi yang jadi sasaran sosialiasi dan promosi di Polres Pelabuhan Kota Makassar, Polres Gowa, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel.

Respon dari stakeholder yang jadi sasaran sosialisasi dan promosi UT itu termasuk cukup positif dan beberapa di antara para pegawai di kantor yang dikunjungi itu menyatakan siap untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UT, tandas mantan pengelola di UPJJ UT Luar Negeri ini. (yahya).

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait