Dukung ASEAN Summit, Kapal DLU Angkut Mobil Pengamanan Mabes Polri

  • Whatsapp

LEMBATA, beritalima.com | PT Dharma Lautan Utama (DLU) siap dukung acara ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Perusahaan pelayaran tersebut menyiapkan kapal pesiar miliknya, KMP Dharma Rucitra VII dan KMP Dharma Rucitra VIII, untuk kebutuhan sarana transportasi laut buat kegiatan itu.

“Dukungan DLU bagi ASEAN Summit saat ini sebagai sarana transportasi dari Mabes Polri, Kemenhub, dan panitia,” kata Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama, Rakhmatika Ardiyanto, saat dihubungi dari Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (13/4/2023).

Sebagaimana diketahui ASEAN Summit 2023 digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timun, pada 9 hingga 11 Mei 2023 mendatang. Atas gawe pemerintah itu kapal PT DLU dibutuhkan untuk memuat kendaraan pengamanan dari Mabes Polri dan mobil listrik yang disiapkan Kementerian Perhubungan dan panitia.

Tidak hanya itu, PT DLU sebenarnya juga sempat mendapatkan permintaan penggunaan kapal sebagai hotel apung selama aktivitas di Labuan Bajo. Namun PT DLU tidak bersedia, karena kapalnya yang ada lebih disiapkan untuk mengantisipasi arus mudik/balik Lebaran. “Jadi lebih dibutuhkan masyarakat untuk mudik Lebaran,” ucap Rakhmatika.

Perusahaan pelayaran PT DLU menyatakan dukungan bagi program pemerintah khususnya kelancaran pembangunan konektivitas antardaerah pariwisata. Dua kapal milik PT DLU yang digunakan tersebut memang melakukan pelayaran ke wilayah Labuan Bajo dan Ende selama ini.

Dia menyebut kolaborasi swasta dan pemerintah ini memang sangat penting. Pihak swasta sebagai pihak yang akan melakukan investasi tentunya harus menjalani sejumlah perizinan yang hanya bisa diberikan oleh pemerintah.

“Swasta sebagai pihak yang akan melakukan investasi harus didukung oleh pemerintah, baik kemudahan perizinan, informasi, dan linkage dengan sektor lain, ini dibutuhkan campur tangan pemerintah,” kata Rakhmatika. (Gan)

Teks Foto: KMP Dharma Rucitra VIII milik PT DLU, siap dukung kelancaran ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, 9-11 Mei 2023 mendatang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait