Dukung Swasembada Pangan Bupati Karna Siapkan Angganran 2M Buat Pembibitan Padi BK

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi saat panen raya padi BK1 dan BK2. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Situbondo menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk pembibitan padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Karna Suswandi, saat memberikan sambutan dalam Panen Perdana Padi BK Situbondo 01 dan 02 Agritan, di Kelurahan Mimbaan, Situbondo, Selasa (23/5/2023).

“Kami siapkan Rp 2 milliar untuk pembibitan,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa pembibitan yang dihasilkan nantinya akan diserahkan secara gratis kepada para petani di Bumi Situbondo.

Karena memang pihaknya membudidayakan padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Terlebih, SK dari Kementerian Pertanian telah menyatakan bahwa produksi padi unggulan Situbondo ini telah layak edar.

“Akan kami bagikan gratis kepada para kelompok petani di Situbondo,” jelasnya.

Menurutnya, pembibitan padi ini baru bisa dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Karena, jika melihat dari warna bibitnya masih berwarna putih.

“Namun demikian hari ini masih bibitnya masih dari warna kuning ke putih, InsyaAllah untuk bisa mencapai ke biru menjadi bibit tebar, insyaAllah pada bulan Oktober mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap agar dengan ada bibit padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan. Maka, ini menjadi menjadi angin segar dan harapan baru bagi penguatan produksi padi di Jawa Timur.

Karena itu, dirinya berharap pada bulan Oktober nanti bibitnya bisa diluaskan penggunaannya.

“Harapan kita padi BK agritan tak hanya untuk Situbondo tapi juga daerah lain,” jelasnya.

“Mudah-mudahan bulan Oktober nanti bisa menjadi bibit uang bisa diluaskan penggunaannya,” pungkasnya.(Adv/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait