Ekspresi Kemerdekaan Warga Simo Gunung Kramat Barat Dalam Jalan Sehat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Puncak kemeriahan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 terjadi pada Minggu (28/8/2022) tadi. Di Surabaya, masyarakat sangat antusias mengadakan dan mengikuti jalan sehat atau karnaval. Tidak hanya di jalan raya, tapi juga di kampung-kampung.

Kemeriahan ini di antaranya terlihat di Kampung Simo Gunung Kramat Barat, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Sekitar 300 warga se-RW.14 Kelurahan Putat Jaya tampak sangat antusias mengikuti jalan sehat sekaligus karnaval yang diselenggarakan RT.09 RW setempat.

Subiantoro selaku Ketua RT.09 RW.14 Simo Gunung Kramat Barat sekaligus Ketua Panitia mengatakan, jalan sehat semi karnaval ini diikuti Ketua RW dan para Ketua RT beserta seluruh warga dari RT.01 sampai RT.09. “Mereka semua sangat antusias, gembira ria, seolah-olah benar-benar baru merdeka,” ucap Subiantoro saat ditemui di sela acara.

Dituturkan, perayaan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 yang diinisiasi bersama warga RT.09 ini bertujuan untuk menyatukan warga antar RT se-RW.14 Kelurahan Putat Jaya. “Ini untuk kerukunan warga sesuai yang tertera di papan-papan depan Pos RT, Rukun Tetangga,” tandasnya.

Subiantoro mengatakan, untuk menyelenggarakan jalan sehat dan karnaval berhadiah ini menghabiskan dana lebih dari Rp4 juta. Untuk hadiahnya saja, diantaranya 4 hadiah utama dan 107 hadiah hiburan senilai total Rp3,9 juta, belum termasuk konsumsinya. Dan sumber dananya diantaranya dari hasil penjualan kupon jalan sehat.

Kepuasan atas penyelenggaraan jalan sehat bertema “Dengan Semangat Para Pejuang Kita Isi Kemerdekaan Ini Dengan Jalan Sehat Bersama Warga Simo Gunung Kramat Barat RT.09 RW.14 Kelurahan Putat Jaya” ini diakui Akhmad Thaufik, warga setempat.

“Sebagai bagian dari warga RT setempat saya sangat mengapresiasi ide jalan sehat yang digagas oleh Karang Taruna dan diaminkan oleh Ketua RT.09 RW.14 ini. Acaranya sangat meriah. Warga menyambut gembira setelah dua tahun pandemi Covid-19. Ini saatnya pulih lebih cepat bangkit lebih tangguh, sesuai tema yang digaungkan pemerintah,” ujar Thaufik.

Dijelaskan, kegembiraan dan antusiasme peserta diekspresikan dengan berbagai macam kostum yang dikenakan, misal ibu-ibu memakai seragam SD bahkan SMA dengan atribut lengkap yaitu topi dan dasi. “Ini merupakan ekspresi kegirangan hati para orang tua yang putra-putrinya telah masuk sekolah seperti sedia kala, walaupun masih ada yang sistim hybrid,” kata pegawai sebuah Perguruan Tinggi di Surabaya ini. (Gan)

Teks Foto: Ekspresi Kemerdekaan Warga Simo Gunung Kramat Barat saat jalan sehat dan karnaval, Minggu (28/8/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait