Fahri Optimis UMKM Jadi Penyelamat Indonesia dari Resesi Ekonomi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wabah pandemi virus Corona (Covid-19) telah mengakibatkan perdagangan internasional atau global trade surut tajam. Dibalik surut tajamnya perdagangan dunia itu, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah melihat ada optimis lain terhadap penyelamatan Indonesia dari jurang resesi ekonomi.

Tanpa diduga, perdagangan domestik melalui Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) justru membuat ekonomi naik dan bergairah. “Nah, itu bagiannya. Gilirannya Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang akan menjadi penyelamat ekonomi Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Fahri melalui keterangan tertulisnya yang diterima awak media, Jumat (7/8).

Menurut Wakil Ketua DPR RI 2014-2019 itu, selalu ada celah peluang untuk bangsa ini, apabila mau keluar dari krisis berlarut, seperti ada pergeseran industri besar ke manufaktur dasar.

Hal tersebut tentu saja akan memberi kesempatan mengatur peran yang lebih besar bagi Koperasi serta UMKM Indonesia sebagai Soko Guru Perekonomian, sebagaimana cita-cita Bung Hatta (Wakil Presiden RI pertama Muhammad Hatta-red).

Bahkan, jelas Fahri, Covid-19 juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan, dari kota ke desa, barat ke timur, konglomerat ke UKM, juga dari keuangan ke sektor riil. Begitu pula dengan transaksi digital tetap akan meningkat, tetapi terkait domestik dan produk sektor riil.

“Ini semua bukan teori, tapi peluang. Karena itu yang bisa menjadikannya kenyataan. Bukan orang mengkhayal. tapi praktisi leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan,” kata laki-laki lulusan ekonomi Universitas Indonesia ini.

Karena itu, Fahri berharap kepada seluruh elemen bangsa ini mendorong peran Koperasi dan UKM Indonesia dalam situasi seperti sekarang. Sebab itu, tidak boleh menyerah dan jangan kehilangan ide.

“Kita harus tetap melihat ada nyala lilin di ujung terowongan gelap. Itu selalu yang menjadi sejarah sebuah kebangkitan. Dan, saya percaya Indonesia tidak saja bisa melalui semua ini tapi bahkan bisa jadi juara dunia!,” kata Fahri optimis.

Fahri menyebut, ada satu lagi pergeseran penting yang akan menjadi ‘game changer/pengubah permainan’ persaingan ekonomi ke depan, yaitu pergeseran dari ekonomi darat menuju laut. “Kita bangsa maritim dan kita akan bisa memenangkan ‘perang’ jika medan bergeser ke laut,” demikian Fahri Hamzah. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait