Festival Dalail Khairat Dibuka, Ini Pesan Wakil Bupati

  • Whatsapp

ACEH,beritalima.com-Wakil Bupati Aceh Besar, H. Husaini A. Wahab (Waled Husaini) membuka Festival Dalail Khairat se-Kabupaten Aceh Besar yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Gampong Cucum, di Meunasah Gampong Cucum, Kecamatan Kuta Baro.

Even festival tersebut diikuti oleh 24 grup ternama dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh, seperti Al-Kautsar Lamtemen Barat (Banda Aceh), Nurul Muarrif Lambro Bileu (Aceh Besar) sebagai Juara Umum pada tahun lalu dan beberapa grup dalail khairat ternama lainnya.

Dalam sambutannya, Waled Husaini berpesan, ini suatu contoh dalam memakmurkan sebuah Gampong salah satu kuncinya adalah sangat tergantung dari pemuda dan pemudi “Baik – buruknya Gampong atau majunya Gampong tersebut tentunya ditentukan oleh Pemuda. Pemuda adalah tiang Negara” sebutnya.

“Kita harus banyak bersyukur atas nikmat Allah. Jangan ada sikap takabbur dalam diri kita, terutama para peserta dalail khairat dalam dalam mengikuti festival ini. “Jauhkan sikap takabbur dalam membaca dalail khairat agar kita mendapatkan amal kebaikan dan fadhilah dari kegiatan ini.

Dia juga menguraikan lebar panjang asal muasal lahirnya Dalail Khairat yang menurutnya itu adalah sebuah kebaikan yang dikarang oleh Syeh Sulaiman Al-Jazuli yang berasal dari Maroko pada 16 Rabiul Awwal tahun 870 Hijriah. Pada akhir sambutannya Waled sekaligus membuka secara resmi Festival Dalail tersebut.

Sementara itu Camat Kuta Baro yang diwakili Sekcam menyebutkan Festival Agama seperti Dalail Khairat penting bagi sebuah Gampong untuk melahirkan generasi yang berakhlak.

“Ke depan acara seperti ini perlu ditingkatkan dan itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan alokasi dana desa yang selama hanya diperuntukkan pembangunan fisik” kata Sekcam.

Kepala Desa Gampong Cucum, Fauzan Usman, SP, juga mengatakan, dalail khairat tersebut merupakan ajang silaturrahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, disamping itu juga sebagai penguatan syari’at Islam, serta untuk mempelajari kisah – kisah dan silsilah Nabi Muhammad Saw.

“Festival Dalail Khairat ini merupakan Piala bergilir Keuchik/ Kepala Desa Gampong Cucum yang ke 3. Kegiatan ini sejalan dengan misi dan semangat yang dilakukan selama ini oleh Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini dalam mensyiarkan Agama, sebutnya.

Dalam Acara peresmian Fastival Dalail Khairat Turut dihadiri,Camat Kuta Baro yang diwakili oleh Sekcam, Danramil, Kapolsek, dan beberapa Kepala Desa dari kecamatan setempat bahkan ada juga hadir kepala desa dari berbagai kecamatan lain yang ada di Kabupaten Aceh Besar,”(A79)

beritalima.com

Pos terkait